Semakin Dekat dengan Pembaca

117 Benda Sejarah Tulungagung Bakal Jadi Cagar Budaya

KOTA, Radar Tulungagung – Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Tulungagung dalam dua bulan terakhir sibuk dengan pendataan benda-benda milik museum daerah untuk diusulkan sebagai cagar budaya. Benda tersebut sebanyak 117 dan hingga kini masih dalam pendataan.

“Bermacam-macam benda yang diusulkan untuk menjadi cagar budaya. Mulai prasasti, batu relif, ornamen, ganesa, dwarapala, yoni, kemuncak, parwati dan lain-lain,” ujar Ketua TACB Kabupaten Tulungagung Heru Mudjiono.

Dia menjelaskan, sampai kini masih proses pendataan, dan nanti dilanjutkan ke kajian hingga analisa. Hingga sekarang tercatat 100 benda-benda pada zaman kuno yang nanti dilanjutkan pendataan lagi pada Selasa (23/11). Pendataan itu meliputi perihal ukuran, deskripsi sesuai keadaan di museum, kegunaan pada masa lampau dan kajian lain, lalu di dokumentasi hingga dilaporkan ke dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar).

Benda peninggalan zaman kuno yang ada di museum daerah masih baru kali ini diusulkan untuk menjadi cagar budaya. Karena sebelumnya statusnya hanya menjadi objek diduga cagar budaya (ODCB) yang menjadi koleksi dari museum daerah. Selain itu, semua benda yang diusulkan ini telah memenuhi syarat menjadi cagar budaya, termasuk harus berusia lebih dari 50 tahun. (jar/din/dfs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.