Semakin Dekat dengan Pembaca

2023, Cepmek dan Mulet Geser Tren Rambut Korean Style

Tulungagung – Bicara soal tren rambut akan selalu ada yang baru. Akhir-akhir ini beberapa gaya rambut pria sedang jadi perbincangan netizen. Sebut saja dua jenis potongan rambut yakni cepmek dan mu’net.

Pelafalan nama yang unik membuatnya jadi obrolan, entah karena menarik atau sekadar jadi guyonan tongkrongan. Potongan cepmek pertama kali dikenalkan oleh Alif TikTok, seorang content creator yang sering menyamakan penampilan dan cara bicara ala tokoh fiksi Dilan. Potongan rambutnya yang cenderung menggunung ke atas, ia sebut sebagai potongan rambut cepmek atau “cepak mekar”.

“Potongan cepmek tuh sebenernya gak ada. Itu cuma konten orang TikTok aja sih, bawahnya dicepakin kemudian atasnya dimekarin. Tapi, kalaupun ada yang mau potong cepmek itu biasanya remaja SMP-SMA, mereka malah pede. Cara barber mengakali cepmek mungkin dibuat lebih rapi aja jambulnya,” ujar Dimas, seorang barber asal Rejoagung.

Sementara itu, potongan rambut mu’net sebetulnya maksudnya mulet. Kali pertama kata mu’net menjadi viral karena konten David Siumbing, yang memiliki keterbatasan pada mulutnya sehingga menyebutkan mulet menjadi mu’net.

“Nah kalau mu’net itu memang sudah ada sejak dulu, itu hanya sebutan lain untuk potongan rambut mulet. Mulet ini sudah jadi potongan pria zaman-zaman Rhoma Irama. Tapi sekarang rame lagi, kemudian mulet dimodifikasi jadi lebih modern,” terang tukang cukur yang juga hobi fitnes ini.

Dimas menjelaskan, mulet atau mu’net adalah potongan rambut yang cocok untuk usia muda. Mulet memerlukan klien untuk memanjangkan sedikit rambutnya. Kemudian, sisi-sisi sampingnya dirapikan, dengan menyisakan rambut yang memanjang di atas sampai belakang kepala.

“Mulet itu banyak sekali digemari anak-anak muda karena memberi kesan penampilan yang garang. Panjangin rambutnya paling enggak saat rambut sudah kena leher, itu sudah cukup untuk dipotong mulet,” jelas pria 41 tahun tersebut.

Pengalaman mencukur beraneka jenis rambut pria, membuatnya bisa memprediksi bahwa cepmek dan mulet mungkin hanya ngetren di akhir tahun ini. “Cepmek dan mulet mungkin jadi tren, tapi sejauh ini sampai tahun depan mungkin Korean style masih jadi pilihan. Sisi samping tipis seperti two block dan comma hair masih banyak diminati juga,” pungkas Dimas. (yay/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.