Semakin Dekat dengan Pembaca

25 Mahasiswa Asal Kota Blitar Jadi Sasaran Penerima Beasiswa, Tapi Harus Lakukan Ini

KOTA BLITAR – Program bantuan beasiswa kuliah bagi mahasiswa kurang mampu di Kota Blitar berlanjut tahun ini. Besaran beasiswa yang diberikan masih sama, yakni Rp 12 juta per semester.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Blitar Ahmad Tobroni. Bantuan beasiswa bagi mahasiswa asal Kota Blitar kembali dilanjutkan. Pemkot segera membuka seleksi pendaftarannya. “Ya, kami buka seleksi pendaftarannya lagi. Kuotanya 25 peserta,” terangnnya kepada Koran ini, kemarin (2/1).

Pemkot akan melakukan seleksi kembali kepada calon penerima beasiswa. Seleksi dilakukan demi bantuan beasiswa tepat sasaran bagi mahasiwa dari keluarga kurang mampu. ”Jadi, ini untuk beasiswa yang semester genap. Yang sebelumnya kan semester ganjil,” ujarnya.

Sebelumnya, beasiswa untuk semester ganjil telah disalurkan pada November 2022. Ada sebanyak 25 mahasiswa yang menerima beasiswa. Sesuai ketentuan, bantuan sebesar Rp 12 juta per mahasiswa per semester itu ditransfer langsung ke rekening penerima.

Sama seperti tahun sebelumnya atau 2022, bantuan beasiswa nantinya juga tetap ditransfer. Total anggaran yang disiapkan untuk bantuan beasiswa tersebut mencapai sekitar Rp 300 juta. Anggaran tahun ini diperkirakan masih sama.

Penyaluran bantuan beasiswa tahun lalu tidak mengalami kendala. Mahasiswa yang sebelumnya ingin mendapatkan beasiswa kembali tentunya harus mendaftar lagi. “Setelah itu diseleksi lagi. Kami ingin memastikan apakah calon penerima sudah sesuai dengan persyaratan atau belum. Kami juga akan turun cek kondisi tempat tinggal mahasiswa yang bersangkutan,” terangnya.

Sepanjang persyaratan yang dikumpulkan terpenuhi, otomatis mahasiswa tersebut lolos sebagai penerima beasiswa. Entah itu mahasiswa yang sebelumnya sudah pernah menerima beasiswa, mahasiswa baru, ataupun belum sama sekali menerima beasiswa dari Pemkot Blitar.

Program bantuan beasiswa itu diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu asal Kota Blitar. Program bantuan ini merupakan inisiatif dari anggota DPRD Kota Blitar. Itu mengingat tak sedikit mahasiswa asal Kota Blitar yang berpretasi, tetapi mengalami kesulitan dari sisi ekonomi maupun finansial. (sub/c1)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.