Semakin Dekat dengan Pembaca

3 Tahun Ternyata Tak Cukup Selesaikan GOR Trenggalek

TRENGGALEK – Gedung Olahraga (GOR) Trenggalek belum bisa dibuka untuk umum pada 2022. Pasalnya, ada beberapa fasilitas penunjang GOR yang belum bisa diselesaikan tahun ini.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Trenggalek Baderun mengatakan, masyarakat harus bersabar menunggu gedung olahraga atau GOR dibuka untuk umum. Meskipun sebetulnya struktur bangunan utama sudah jadi dan siap difungsikan, tapi ada fasilitas-fasilitas penunjang yang belum selesai. “Untuk tahun ini, sudah rampung sekitar 90 persen,” katanya kemarin (7/1).

Lebih lanjut, sisa 10 persen GOR rencananya akan dilanjut pada 2023, yang meliputi pengaspalan tempat parkir hingga pemasangan pagar keliling. Ketika fasilitas pendukung GOR pada tahun depan sudah tersedia, maka gedung tersebut dapat diresmikan dan dioperasionalkan oleh umum. “Saat ini masih belum bisa dipakai karena belum diresmikan. Kecuali untuk kondisi mendesak, misalnya untuk tempat vaksinasi atau tes antigen seperti yang beberapa kali digelar di sana,” sambungnya.

Sementara, progres pembangunan GOR pada 2022 ini mencapai pengerjaan pagar bagian depan, penanaman pohon-pohon perindang, dan pemasangan papan nama GOR. “Tahun ini, kami akan menyelesaikan beberapa poin pembangunan fasilitas pendukung. Karena beberapa bulan lalu, jalan aspal halaman GOR sudah rampung,” ucapnya.

Sekadar diketahui, GOR Trenggalek dibangun dengan sharing anggaran antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pemkab Trenggalek. Bangunan utama gedung dibangun Kemenpora dengan anggaran Rp 14,6 miliar pada 2019. Sisanya dibangun Pemkab Trenggalek melalui dana APBD.

Disdikpora memperkirakan sisa anggaran yang dibutuhkan untuk menuntaskan GOR sekitar Rp 14 miliar. GOR tersebut dibangun dengan beberapa fasilitas olahraga. Bagian tengah GOR berupa lapangan luas dan dicat dengan garis-garis berbagai lapangan, seperti lapangan bulu tangkis, futsal, basket dan sebagainya. Sedangkan pada bagian dalam berupa tribun untuk penonton. (tra/c1/rka)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.