Semakin Dekat dengan Pembaca

30 Menit Demi Jantung Sehat

KOTA BLITAR – Senam aerobik baiknya dilaksanakan saat pagidan sore hari. Karena alasan itu pula, Event “Bugar Bersama Radar Blitar” yang digagas Jawa Pos Radar Blitar dilaksanakan setiap jumat sore. Setidaknya 30 menit peserta akan diajak untuk melakukan gerakan senam guna optimalisasi fungsi jantung.Instruktur senam aerobik, Siti Aminah mengatakan olahraga apapun baik untuk tubuh. Senam aerobik menjadi salah satu olahraga fisik yang mudah dilakukan. Pun tidak membutuhkan peralatan dan biaya yang mahal. “Waktu yang paling tepat untuk olahraga itu pagi dan sore hari. Minimal 30 menit sehari. Itu untuk menormalkan fungsi jantung,” katanya.
Dia mengungkapkan, semakin bertambahnya usia kepadatan tulang juga berkurang. Ada banyak suplemen yang konon bisa memperlambat atau memperbaiki kepadatan tulang. Namun, faktanya tidak hanya tulang saja. Organ lain juga membutuhkan perhatian. Karena itu rajin dan rutin olahraga menjadi salah satu upaya untuk memperlambat penuaan maupun mempertahankan kebugaran fisik. “Harus banyak gerak, misalnya saja mengikuti senam aerobik,” terangnya.

 

JANGAN KENDOR: Para peserta sedang melakukan perenggangan sebelum senam aerobik. (ADITYA YUDA SETYA PUTRA/ RADAR BLITAR)

Gimo –sapaannya- menambahkan, peminat aerobik cukup banyak. Tidak hanya tua, kalangan muda juga bejibun jumlahnya. Namun, bukan mencari tempat atau sarana latihan yang sulit. Sebaliknya konsistensi menjadi tantangan setiap orang. “Jadi harus rutin, jangan hari ini olahraga besoknya tidak. Itu yang kadang memicu malas,” katanya.
Tidak hanya itu, kurang teratur bisa mengakibatkan kondisi fisik yang tidak nyaman. Misalnya terdapat nyeri pada persendian karena otot tidak dilatih rutin melakukan gerakan-gerakan olahraga. “jadi kaya pemula. Pasti ada yang pegel pegel saat pertama latihan,” tutur dia.
Gimo mengungkapkan, untuk mengatasi kelelahan saat melakoni gerakan aerobik ini juga diselipkan beberapa gerakan yang tidak umum. Misalnya dengan senam kreasi yang mengadopsi gerakan joget. “Ini juga penting untuk membangkitkan gairah. Jadi lebih have fun,” tuturnya.
Sementara itu, Project Officer Senam Aerobik Jawa Pos Radar Blitar, Dian Aprilia Briliani mengatakan, event ini akan terus diupayakan agar bisa dilaksanakan tiap Jumat sore. Menurutnya, tidak ada ruginya mengikuti event tersebut. Selain gratis, para peserta juga berkesempatan mendapatakan hadiah atau door prize. “Event ini terbuka untuk umum, siapa saja bisa ikut gabung dan mendapatkan hadiah,” tandasnya. (hai)

 

KONSISTEN: Para peserta senam earobik berfoto bersama di halaman kantor Radar Blitar. (ADITYA YUDA SETYA PUTRA/ RADAR BLITAR)
Leave A Reply

Your email address will not be published.