Semakin Dekat dengan Pembaca

Agenda SMP Islam Al Azhaar Angkat Tema Ekspresi Diri dalam Kompetisi dan Entrepreneurship

Tulungagung – SMP Islam Al Azhaar menggelar kegiatan, “Al Azhaar Fair, Bazar Kewirausahaan dan Pameran Karya 2023.” Agenda ini mengangkat tema, “Ekspresi Diri dalam Kompetisi dan Entrepreneurship.”

 

Kegiatan yang berlangsung di halaman SMP Islam Al-Azhaar ini sangat meriah, sejak Kamis (5/1) hingga Sabtu (7/1). Rangkaian kegiatan tersebut meliputi bazar, lomba islami, scout competition, dan try out. Dalam bazar terdapat 18 stan yang diikuti oleh seluruh kelas VII hingga IX. Sedangkan scout competition dan lomba islami diikuti oleh siswa SD kelas IV, V dan VI se – eks karesidenan Kediri. Khusus kegiatan try out diikuti oleh siswa SD kelas VI.

 

Pada sesi pengambilan rapor, seluruh santri mempresentasikan ilmu yang mereka peroleh selama satu semester kepada orangtuanya. Sedangkan acara bazar, setiap stan peserta memiliki ciri khas dan tema tersendiri. Peserta menjual berbagai makanan dan minuman ringan, bahkan ada yang membuat stan bazar barbershop. Setiap stan juga dinilai ciri khasnya serta di akhir bazar juga ada rekap terkait hasil penjualan, memperoleh omset berapa, laba atau rugi. Jadi bazar ini bukan serta merta diadakan tanpa tujuan, namun santri juga diberi bekal keilmuan tentang kewirausahaan.

 

Sri Wahyuni, S.Si., M.Pd. selaku Kepala SMP Islam Al Azhaar mengungkapkan, sebenarnya event ini rutin berlangsung setiap tahun, namun hanya kegiatan try out dan olimpiade saja. Tahun ini merupakan tahun perdana dengan mengadakan tambahan jenis lomba, yaitu scout competition dan lomba islami. Tujuan dari event ini selain melanjutkan dan mengembangkan dari event sebelumnya, juga untuk meningkatkan peran OSIS. Sehingga menambah pengalaman OSIS dalam berorganisasi. Selain itu, event ini memberikan kesempatan memamerkan karya siswa kepada khalayak umum. Sebab, biasanya karya mereka hanya dinikmati oleh wali santri intern saja.

 

“Harapan saya acara ini kedepannya lebih meluas serta memperoleh dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kementerian agama (Kemenag) untuk mewadahi kreatifitas dan mewarnai pendidikan melalui ajang perlombaan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD),” ungkapnya. (rif/ynu)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.