Semakin Dekat dengan Pembaca

Akses Menantang, Wisata Alam di Blitar Tetap Primadona

KABUPATEN BLITAR – Sementara jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Blitar tembus 2.314.796 orang. Wisata alam menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Meskipun, tidak semua destinasi wisata ditunjang dengan sarana infrasturtur memadai.

Target kunjungan wisata di Kabupaten Blitar sebanyak 2.300.000 orang. Per November 2022 jumlah wisatawan asing mencapai 2.314.796 orang. Kunjungan wisata terbanyak terjadi pada Mei, yakni 362 ribu pengunjung.

Sedangkan kunjungan wisata paling sedikit terjadi pada April, yakni sebesar 73 ribu pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, jumlah wisatawan di Kabupaten Blitar ini tergantung momen. Ada bulan tertentu yang pasti mengalami peningkatan pengunjung, seperti hari raya dan tahun baru. “Pada saat puasa dan Agustus, jumlah wisatawan pasti turun. Sebab, mereka pasti sudah punya acara sendiri,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, mayoritas wisatawan yang datang ke Bumi Penataran berkunjung ke destinasi wisata alam. Data terakhir menunjukkan, jumlah pengunjung wisata alam mencapai 52,51 persen. Meskipun masih banyak akses jalan yang kurang mumpuni, namun wisata alam di Kabupaten Blitar menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. “Kami harap, para wisatawan setelah berkunjung merasakan kesegaran raga dan pikirannya,” kata Suhendro.

Sayangnya, sarana infrastruktur menuju tempat wisata tidak semuanya mudah. Namun, pemerintah daerah meyakini hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Utamanya bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang. “Tidak semua wisatawan itu suka yang jalannya mudah, kadang ada yang tertantang dan memilih jalan sulit. Tapi ini jadi perhatian kami untuk memperbaiki infrastruktur dan tempat wisata secara seimbang,” paparnya.

Lanjut dia, pascapandemi orang merindukan wisata alam karena trauma dengan Covid-19. Untuk itu, pihaknya memprediksi sektor wisata bakal mengalami lonjakan yang signifikan usai pandemi korona berakhir. “Ternyata prediksi tersebut benar. Namun trend ini akan dinamis,” tambahnya.

Berdasarkan data, wisatawan asing yang masuk ke Kabupaten Blitar sejumlah 124 orang. Mayoritas dari mereka lebih demen dengan wisata budaya, yakni sebesar 88 persen. Sementara wisata buatan sebanyak 8 persen, dan 4 persen sisananya berkunung ke wisata alam.

Sementara itu, wisata buatan juga tidak kalah menarik dengan wisata alam. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisata buatan sebanyak 40,11 persen. Sedangkan, untuk wisata budaya hanya 7,38 persen. “Trend kunjungan wisatawan itu sangat dinamis, menyesuaikan momen dan kondisi,” tandasnya. (mg1/hai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.