Semakin Dekat dengan Pembaca

Aktivitas Kades Wajak Lor dalam Dunia Perikanan, Kenal sejak Kecil Fokus Budi Daya Ikan Mas Koki

Boyolangu, Radar Tulungagung – Sejak kecil, Aries Febrianto sudah bergelut dengan dunia perikanan, terutama ikan hias. Kini tak hanya mengemban amanah Kepala Desa Wajak Lor, Kecamatan Boyolangu, Aries juga menjadi pengusaha ikan sukses.

Kedekatan Aries dengan dunia perikanan berawal pada 1980-an. Yakni dari sang ayah yang juga pengusaha ikan hias, terutama ikan mas koki. Banyaknya warga yang menekuni budi daya ikan hias menjadikan Desa Wajak Lor sebagai desa sentra budi daya ikan mas koki.

Pembudi daya ikan mas koki kebanjiran rezeki pada saat pandemi. Sebab, pada saat semua sentra industri menurun, justru penjualan ikan mas koki melambung pesat. Situasi itu menjadi anugerah di tengah kondisi pandemi. “Pas Covid-19, orang malah kebanyakan di rumah. Justru penjualan online-nya makin meningkat, pendapatan pun ikut meningkat,” jelas Aries.

Dampaknya, masyarakat pun banyak yang menambah kolam dan lahan hasil dari meningkatnya penjualan ikan mas koki. Di tengah bertambahnya kapasitas budi daya, dia juga sempat mengalami kesulitan penjualan. Sebab, selain bertambahnya kapasitas budi daya ikan mas koki, juga banyak pembudi daya ikan lainnya seperti ikan gurami, ikan nila, ikan patin, yang beralih ke budi daya ikan mas koki. Situasi itu membuat harga pasar ikan mas koki anjlok sehingga pembudi daya ikan mas koki kesulitan dalam hal penjualan.

Aries berharap pembudi daya ikan gurami, ikan patin, ikan nila, dan lainnya tetap berada di jalannya. Harapannya, pembudi daya ikan tetap memiliki jalur penjualannya masing-masing. “Orang yang paling kuat itu, orang yang berada di jalannya masing-masing. Supaya tidak menghancurkan pasaran ikan mas koki. Dan, sentra terbesar pasar ikan mas koki ini berada di Tulungagung, terutama di Desa Wajak Lor,” kata Aries. (*/c1/ynu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.