Semakin Dekat dengan Pembaca

ANALISIS HUBUNGAN INDUSTRIAL PETANI LUMBUNG STRAWBERY DI DESA PANDANREJO KOTA BATU

Oleh : Sutiani Wulandari SOSIOLOGI FISIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Sektor pertanian ini masih sering dianggap sebagai penunjang sektor industri semata. Meskipun sesungguhnya sektor pertanian bisa berkembang lebih dari hanya sebagai sektor penunjang namun sebagai sektor utama. Peran utama pertanian hanya dianggap sebagai sumber tenaga kerja dan bahan-bahan pangan yang murah demi berkembangnya sektor industri yang dinobatkan sebagai “sektor unggulan”. Sektor pertanian berperan sebagai penyokong bahan baku sektor industri. Jika mampu dikembangkan lebih lanjut produksi sektor pertanian dapat mencapai jumlah maksimal, juga dapat menghasilkan barang konsumsi lain yang bernilai lebih dibanding hanya sebagai penunjang sektor lainnya.

Lumbung Strawbery merupakan salah satu Unit usaha BUMDES Raharjo, salah satu ikon khas Desa Wisata Pandanrejo. Lumbung Strawbery yang berada pada Desa Pandanrejo adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan wisatawan bila berkunjung ke Kota Batu. Lumbung Strawbery merupakan tempat wisata petik buah strawbery. Petik strawbery adalah kegiatan wisata di mana wisatawan dapat memetik buah strawbery secara langsung dari kebun sepuasnya dengan didampingi oleh pemandu wisata lokal. Kegiatan wisata ini selain memetik buah strawbery, wisatawan diberi wawasan tentang buah stroberi serta dapat berkomunikasi secara langsung kepada para petani strawbery untuk menambah wawasan para wisatawan. Lumbung strawbery menyajikan berbagai produk dan fasilitas yang meliputi, kebun stroberi, stroberi segar, petik stroberi, edukasi stroberi, cafe, rafting, outbound, paintball, tubing, dll.

Desa Pandanrejo, Kota Batu merupakan daerah yang didominasi kawasan dataran tinggi dan perbukitan yang berlembah sehingga memiliki tanah yang subur. Oleh karena itu, perekonomian di Desa Pandanrejo, Kota Batu sebagian besar ditunjang dari sektor pertanian.

Mayoritas petani di dusun pandan, Desa Pandarejo adalah petani strawbery. Lumbung  Strawbery membantu para petani dalam menampung dan memasarkan hasil panen buah strawbery di Desa Pandanrejo. Kebun strawbery yang digunakan untuk di petik adalah kebun milik Desa dan kebun milik warga atau petani strawbery di Dusun Pandan. Selain menjadi daya tarik wisata, usaha tani strawbery ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat. Terutama warga di kawasan Dusun Pandan, Desa Pandanrejo.

Buah strawberry di Desa Pandanrejo menjadi unggulan sebagai sumber utama pendapatan warga Desa Pandanrejo. Berdasarkan data yang di dapatkan pada tahun 2019 yang awalnya hanya 15 orang saat ini sudah mencapai 150 petani yang tergabung di dalam lumbung strawberry.

Potensi usaha tani yang dimiliki Desa Pandanrejo Kota Batu berupa lahan cukup luas dan tingkat kelembapan yang cocok untuk menjalankan usaha tani bisa menjadi faktor pendorong dalam pengembangan usaha tani sehingga hasil panen yang diproduksi bisa memuaskan dan dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga mereka.

Berdasarkan teori Karl Marx tentang pertumbuhan ekonomi masyarakat dibagi menjadi 3 yaitu feodalisme, kapitalisme, dan sosialisme. Pada fase feodalisme bahwa secara tradisional peranan pertanian dalam pembangunan ekonomi hanya dipandang pasif dan sebagai unsur penunjang semata. Peran utama pertanian hanya dianggap sebagai sumber tenaga kerja dan bahan-bahan pangan yang murah demi berkembangnya sektor industri yang dinobatkan sebagai “sektor unggulan” dinamis dalam strategi pembangunan ekonomi secara keseluruhan. Dalam Kapitalisme bahwa untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan pemupukan modal

Untuk mengetahui perbedaan pendapatan petani strawberry sesudah di banding sebelum bergabung dengan lumbung strawberry di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu, berdasarkan hasil yang diketahui terdapat perbedaan signifikan pendapatan petani strawberry sesudah di banding sebelum bergabung dengan lumbung strawberry. Kenaikan tersebut di karenakan sesudah adanya lumbung strawberry petani mampu memproduksi lebih baik dari sebelumnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.