Semakin Dekat dengan Pembaca

Anggaran Porprov 2023 Hanya Naik Rp 100 Juta, KONI Kota Blitar Ajukan Rp 10 M, Disetujui Rp 5 M

KOTA BLITAR – Induk lembaga keolahragaan kudu jeli dalam menata “isi dompet”. Pasalnya, anggaran pemberangkatan atlet ke Porprov VIII Jatim tahun depan terbilang seret.

Meski nominal yang dianggarkan untuk Porprov tahun depan terbilang lebih besar dari tahun ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Blitar mengaku, tidak banyak perubahan signifikan. Untuk 2023, KONI mengajukan anggaran sekitar Rp 10 miliar. Namun, anggaran hanya disetujui sekitar Rp 5 miliar.”Dari Rp 5 miliar ini, Rp 1,5 miliar di antaranya untuk kebutuhan Porprov VIII,” aku Ketua KONI Kota Blitar Sukardji.

Di tahun ini, anggaran porprov sebesar Rp 1,4 milyar. Tak jauh berbeda dengan anggaran 2023. Peruntukkan anggaran itu untuk kebutuhan pengadaan seragam, konsumsi, penginapan, vitamin, hingga akomodasi ke venue Porprov. “Termasuk uang saku bagi atlet dan ofisial. Tapi, bonus tidak termasuk. Karena pengajuan anggaran bonus tahun ini tidak menjadi satu dengan anggaran Porprov,” sambungnya.

Efisiensi dan rasionalisasi alokasi anggaran disebut jadi alasan utama KONI kudu mengirit pengeluaran untuk multievent terakbar tingkat Jatim itu. “Itu jumlah yang kita perkirakan tahun depan. Berarti, ada sisa Rp 3,5 milyar untuk pembinaan tahunan dan operasional kantor,” jelasnya.

Saat ini, KONI tengah melakukan pendataan jumlah induk cabor, atlet dan ofisial yang bakal ikut serta ke venue Porprov tahun depan. Ada tiga tuan rumah yang menyelenggarakan, yakni Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo. Pendataan diorientasikan pada hasil monitoring dan evaluasi (monev) yang digelar sejak awal November. “Jika ada cabor yang minim atlet, tidak pernah menyumbang medali atau minim kegiatan, itu dipastikan tidak akan kami daftarkan,” tegasnya.

Di tahun ini, ada sebanyak 273 personil yang berada dalam kontingen Kota Patria di event Porprov. Jumlah itu terdiri dari 208 atlet dan 65 ofisial dari berbagai induk cabor berbeda. (dit/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.