Semakin Dekat dengan Pembaca

Anggaran Terbatas, Keramikisasi Trotoar di Kota Blitar Belum Prioritas

KOTA BLITAR – Belum semua trotoar di Kota Blitar dikeramik. Masih banyak trotoar paving model lama.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar Suharyono mengaku, trotoar di Kota Blitar belum semua dikeramik. Keramikisasi masih dilakukan di trotoar ruas jalan protokol kota. “Jika semua trotoar kami keramik, tentu butuh anggaran besar. Sementara kondisi anggaran kami terbatas,” jelasnya kepada koran ini, kemarin (8/1).

Karena itu, keramikisasi trotoar hanya dilakukan di sejumlah titik tertentu. Terutama di ruas jalan protokol yang sering dilintasi. “Inginnya semua dikeramik. Tetapi, ada prioritas lainnya yang dinilai lebih penting,” terangnya.

Dinas PUPR melakukan keramikisasi trotoar secara bertahap. Mengingat, kondisi anggaran yang terbatas. Terlebih, ada beberapa proyek fisik lain yang juga perlu mendapat perhatian serius.

Adapun sejumlah titik troatoar yang belum mendapat sentuhan keramikisasi di Kota Blitar, di antaranya trotoar di ruas Jalan dr Soetomo, sebagian Jalan Ahmad Yani, serta Jalan Veteran. Trotoar lain yang sudah keramikisasi yakni Jalan Merdeka, Jalan Melati, Jalan Terate, serta Jalan Mastrip.

Keramikisasi biasanya dilakukan bersamaan dengan rehabilitasi saluran drainase. Pada 2022 lalu, pemkot telah melakukan rehabilitasi saluran drainase di beberapa titik. Di antaranya, di Jalan Kalibrantas, Jalan Ir Soekarno, dan Jalan Merapi.

Di tahun ini atau 2023, dinas belum merencanakan keramikisasi trotoar. Sementara, anggaran untuk perbaikan ruas jalan, pembangunan talut rusak terdampak longsor, serta pembangunan kelurahan. “Nanti lihat kondisi di lapangan seperti apa,” tandasnya. (sub/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.