Semakin Dekat dengan Pembaca

Atlet Muda Unjuk Gigi di Liga Junior

KOTA BLITAR – Molornya agenda Kejurnas catur dari jadwal semula direspon Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Blitar secara positif. Salah satunya adalah dengan menggelar kompetisi khusus bagi atlet muda.

Rencananya Kejurnas catur digelar pada November. Namun belakangan induk cabor di masing-masing daerah menerima kabar jika kompetisi yang dimaksud mengalami perubahan jadwal, yakni pada Januari tahun depan.

“Setidaknya ada tiga program yang sudah disusun secara sistematis. Dua program eksternal, yaitu mengikutsertakan atlet ke event luar daerah. Lalu, program eksternal adalah dengan menyegerakan liga junior,” kata Sekretaris Percasi Kota Blitar Sangit Pambudi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, liga junior dikhususkan bagi atlet di usia sekolah. Di tahun depan, agenda ini direncanakan untuk digulirkan mulai Januari mendatang. Itu agar atlet dari program pembinaan umum dan atlet yang diproyeksikan untuk kejuaraan bisa digembleng dalam waktu dekat.

“Dalam pelaksanaan, kita terapkan tiga kelas berbeda. Ada sistem promosi dan degradasi. Jika atlet tampil sebagai juara dalam satu kasta, dia bisa direkomendasikan untuk bermain di kasta tertinggi. Begitu juga sebaliknya,” ungkapnya.

Saat ini, ada dua nama atlet junior yang paling disorot oleh induk cabor. Yakni, Sava dari kelompok atlet putri dan Dewa Fortuna dari kelompok atlet putra. Khusus bagi Dewa, jelas Sangit, digadang-gadang bakal naik ke kasta kedua liga junior tahun depan. “Karena di tahun ini dia jadi juara di kasta ketiga,” jelasnya.

Perlu diingat, Dewa menjadi salah satu dari dua atlet yang akan membawa nama Kota Blitar di ajang Kejurnas catur Januari nanti. Peningkatan porsi latihan dan materi ajar jadi fokus utama jajaran pelatih. Tapi, bukan berarti tim pelatih tidak menemui kendala dalam prosesnya. “Harus diakui jika atlet di usia pelajar itu lebih suit untuk fokus. Mereka juga tertarik dengan banyak kegiatan lain. Jadi, kita perlu sedikit ketegasan buat mereka,” terangnya.

Cabor catur menjadi satu dari tujuh cabor yang kudu melalui babak pra-porprov alias kualifikasi. Wajar jika jajaran pengurus Percasi Kota Blitar tancap gas dalam proses pembinaan mulai awal tahun depan. “Kabarnya pra-Porrov digelar pada Maret-April. Sisa waktu ini yang bisa dimanfaatkan untuk menggenjot atlet muda,” pungkasnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.