Semakin Dekat dengan Pembaca

Awal 2023, Gaet Atlet Putri

KOTA BLITAR – Tidak memiliki atlet putri nyatanya membuat Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Kota Blitar kelimpungan. Itu membuat proyeksi perolehan medali kiat seret. Alasan itu yang membuat induk cabor kekeuh menggaet atlet putri awal tahun depan.

Ketua Pabersi Kota Blitar, Siswandi mengaku, ada peningkatan jumlah atlet dalam tiga bulan terakhir. Saat ini tercatat ada sebanyak tujuh atlet yang bernaung di Pabersi. Jumlah itu lebih tinggi jika dibandingkan Juli lalu. “Pas ke Porprov kemarin kita kan hanya punya tiga atlet,” ujarnya.

Jumlah itu (tiga atlet, Red) seluruhnya merupakan atlet putra. Itu jadi catatan tersendiri bagi induk cabor. Sebab, pabersi di berbagai daerah lain memiliki setidaknya satu atlet putri dalam proses pembinaannya. “Kenapa kita tidak punya? Harusnya kan bisa kita bina satu atau dua atlet putri. Ini jadi PR lho,” katanya.

Tak ingin berlama-lama, tegas Siswandi, pihaknya bakal mulai menggaet atlet putri. Agenda ini ditargetkan bisa terlaksana paling lambat Januari mendatang. Beruntung induk cabor sudah punya gambaran calon atlet yang bakal ditarik dalam waktu dekat.

“Teman-teman pegurus sudah melapor. Mereka punya gambaran siapa yang akan ditarik. Kabarnya kita sudah punya dua calon atlet putri. Ini kabar yang bagus. Tapi, jangan sampai terlalu lama. Awal tahun ini saya ingin kita sudah punya atlet putri untuk dibina,” tegasnya.

Untuk diketahui, presentase perolehan medali di cabor angkat berat terbilang tinggi. Alasannya, satu atlet bisa mengikuti lebih dari satu nomor cabor di kelas yang sama. Sedangkan, cabor angkat berat selalu mempertandingkan dua kategori di berbagai kejuaraan, yakni kategori putra dan putri.

“Maka, jika kita punya banyak atlet yang bertanding di berbagai kelas dan kategori, kita bisa bersaing dengan daerah lain. Selama ini kita selalu tertinggal karena belum pernah turun di kategori putri,” pungkasnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.