Semakin Dekat dengan Pembaca

Bagaimana Promosi Daerah? Ini yang dilakukan Disparbudpora Kabupaten Blitar

KABUPATEN BLITAR – Seni memang memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran dalam berbagai kesempatan, aliran ini selalu menjadi daya tarik dalam setiap kegiatan. Bahkan, tak jarang keberadaanyna dimanfaatkan sebagai sarana untuk promosi daerah.

Hal ini juga terlihat jelas pada Festival Kresnayana VII tahun ini. Puluhan karya seni rupa berlatar belakang wisata dipajang di area Amphitheater Penataran dan menjadi jujukan pengunjung.

Komposisi warna yang dipadukan dengan teknik itu bak magnet bagi mata. Meski tidak lama, nyaris lalu lalang manusia menyampaikan waktu untuk menatapnya. “Ya senang saja dengan gambar,” ujar Anton Setiawan, salah seorang pengunjung.

Dia tidak datang untuk sekadar menikmati karya seni rupa. Pesona wisata Penataran menjadi tujuan utamanya. Namun, keberadaan seni itu menjadi sesuatu yang juga menarik untuk diabadikan. Barang semenit ditempatkan untuk melihat tiap gambar tersebut. “Saya memang bukan seniman, tapi kalau sekadar menikmati dan mengagumi karya itu mudah,” terangnya.

Karya seni rupa itu tidak hanya menampilkan potret berkesenian. Latar belakang pengambilan gambar juga membawa cerita yang menarik untuk dikulik. “Karya ini juga membawa misi promosi. Latar belakang pengambilan karya ada destinasi wisata Blitar,” kata Suhendro Winarso, salah seorang pemilik karya.

Sayangnya, jumlah karya yang ditampilkan dalam pameran ini relatif terbatas. Maklum, lokasi yang dimanfaatkan cukup sempit.

Suhendro mengakui hal tersebut. Menurut dia, ada banyak seniman di Bumi Penataran. Praktis stan yang ada di area ini tidak cukup untuk mengakomodasi karya para seniman di Blitar.

“Ini boleh dikatakan permulaan, ke depan kami upayakan ada sarana untuk memfasilitasi pelaku seni tersebut,” jelas pria yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar ini.

Dia mengatakan, untuk fasilitasi di kawasan wisata Penataran sudah ada tempat yang nanti bisa dimanfaatkan. Sementara, sarana tersebut dalam proses persiapan. “Ada di seputaran museum yang nanti bisa dimanfaatkan, ke depan harapan kami, karya-karya seniman itu tidak hanya terfasilitasi di kawasan wisata Penataran saja, di titik-titik lain juga akan diupayakan. Sebab, karya ini juga menjadi sarana untuk promosi daerah,” tandasnya. (hai/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.