Semakin Dekat dengan Pembaca

Banyak Kejuaraan Akhir Tahun, Fighter Butuh Porsi Penyeimbang

KOTA BLITAR – Harus diakui, agenda pembinaan oleh pengurus cabor kick boxing Kabupaten Blitar sedang dalam masa krusial. Itu tak lepas dari banyaknya gelaran kejuaraan akhir tahun ini. Karena itu, induk cabor menilai perlu untuk mulai menerapkan porsi khusus untuk menyeimbangkan latihan.

Diketahui bahwa Pengkab Kick Boxing Kabupaten Blitar mulai menggulirkan program pembinaan khusus (binsus). Tepatnya sejak dua bulan lalu. Program itu menjadi salah satu rangkaian persiapan jelang keikutsertaan di beberapa event kejuaraan. Baik di tingkat regional, provinsi, hingga nasional.

“Sejak kemarin kan ada sebanyak sepuluh atlet yang diikutkan dalam program binsus. Di sana, kita beri tambahan jadwal dan porsi latihan. Khsusunya selama dua bulan pelaksanaan. Dan hampir mencapai tahap akhir,” kata pelatih Pengkab Kick Boxing Blitar, Sugeng Wahyu Widodo, kepada koran ini beberapa waktu lalu.

Setelah melakukan sejumlah evaluasi di berbagai aspek, tim pelatih menilai perlu adanya penerapan porsi penyeimbang latihan. Tujuannya jelas untuk menjaga ritme latihan. Sebab, tingginya intensitas latihan dalam sebulan terakhir dikhawatirkan dapat membuat atlet menjadi jenuh. “Berarti, ada faktor nonteknis yang juga harus dipertimbangkan agar anak-anak bisa tetap nyaman,” sebutnya.

Pria ramah ini menambahkan, itu penting agar induk cabor bisa memastikan puncak performa atlet bisa terjadi di hari-H pelaksanaan kejuaraan. Jadi, tugas pelatih saat ini adalah untuk memberi selingan dalam proses latihan di sasana. (dit/c1/wen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.