TULUNGAGUNG – BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung menawarkan kemudahan dalam mendapatkan layanan kesehatan melalui bridging aplikasi sistem antrean online yang sudah mulai berjalan di RSU Agung Mulia Pacitan. Aplikasi sistem antrean online ini diharapkan dapat mempermudah seluruh pasien yang berobat dan dapat memberikan kepastian waktu layanan.
“Alhamdulillah di RSU Agung Mulia Pacitan saat ini sudah ada aplikasi sistem antrean online. RSU Agung Mulia Pacitan sangat mendukung implementasi sistem antrean online ini. Kami mengembangkan sistem antrean online yang terintegrasi Mobile JKN di rumah sakit dan menyediakan sarana prasarana untuk kemudahan pasien dalam mengantre. Kami juga menyediakan KiosK (anjungan pasien mandiri), display layar antrean, pc admin, serta adanya speaker untuk pemanggilan suara antrean,” tutur Direktur RSU Agung Mulia Pacitan, Zulfa Hasanah.
Zulfa mengatakan, terciptanya bridging sistem antrean online ini dilatar belakangi beberapa faktor, diantaranya banyaknya pasien datang ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berimbas pada meningkatnya frekuensi pengambilan nomor antrean. Hal tersebut menyebabkan tidak adanya kepastian waktu layanan baik untuk pasien umum maupun pasien Jaminan Kesehatan Nasional.
Menurutnya, adanya sistem antrean online ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada peserta sebagai pasien akan kemudahan akses layanan dan kepastian mendapati waktu tunggu layanan. Sehingga pasien tidak lagi datang pagi hanya untuk mengambil nomor antrean, karena nomor antrean bisa diambil di manapun dan kapanpun melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses melalui telepon genggam.
“Tidak hanya itu, implementasi sistem antrean online ini juga dapat menghindari banyaknya kerumunan di rumah sakit pada era pandemi saat ini. Adanya sistem antrean online ini tentunya sangat membantu dan memudahkan pasien JKN. Karena dapat mengurangi tumpukan antrean sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu di rumah sakit dan tidak terlalu lama dalam mengantre,” jelas Zulfa.
Zulfa melanjutkan, adanya sistem bridging antrean online ini tidak mengorbankan sistem antrean yang sudah dimiliki oleh RSU Agung Mulia, namun menyinergikan sistem antrean rumah sakit dengan sistem antrean online milik BPJS Kesehatan. Dirinya berharap, dengan diimplementasikan antrean online tersebut bisa memudahkan peserta ketika berobat dan memberikan kepastian waktu tunggu serta waktu pelayanan ketika mengakses layanan di rumah sakit.
Pada waktu yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Agung Priyono memberikan apresiasinya kepada RSU Agung Mulia Pacitan yang telah menyambut baik implementasi sistem antrean online tersebut. Diharapkan kemudahan akses layanan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Kabupaten Pacitan khususnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional.
“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh rekan RSU Agung Mulia Pacitan yang telah mengimplementasikan sistem antrean online ini dengan baik dan informatif. Dilihat dari aspek geografi, wilayah Kabupaten Pacitan masih termasuk dalam wilayah yang sulit akses jaringan internet dan rata-rata penduduknya masih jarang menggunakan akses mobile apps. Dengan adanya sistem antrean online ini kami berharap lambat laun masyarakat akan paham dan bisa menggunakan kemudahan layanan yang telah disediakan ini,” jelas Agung.
Bukan hanya itu, Agung berharap agar RSU Agung Mulia Pacitan tetap dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN-KIS dan manajemen rumah sakit dapat berkomitmen untuk selalu menjalankan sistem antrean online ini serta selalu update terkait sistem terbaru. Selain itu, lanjut Agung, pihaknya juga akan selalu mengawal terkait perkembangan sistem bridging antrean online yang diterapkan.