Semakin Dekat dengan Pembaca

Bersihkan Kelenteng Poo Ann Kiong, Komunitas Lintas Agama Tunjukkan Kerukunan Antarumat

BLITAR – Komunitas dari berbagai lintas agama di Kota Blitar kemarin (19/12) bergerak bersama membersihkan Kelenteng Poo Ann Kiong pascakebakaran 22 November lalu. Aksi bersih-bersih itu sebagai bentuk kepedulian serta kerukunan antarumat beragama. Hal itu menunjukkan bahwa toleransi di Blitar masih terjaga kuat.

Suasana Kelenteng Poo An Kiong pada Minggu pagi (19/12), terasa berbeda. Tampak sejumlah orang memenuhi bagian dalam kelenteng yang berlokasi di Kelurahan/Kecamatan Sukorejo itu.

Mereka sibuk membersihkan material reruntuhan bangunan kelenteng pascakebakaran 22 November lalu itu. Secara gotong royong, mereka bergantian membersihkan sisa reruntuhan bangunan akibat kebakaran hebat itu. Aksi bersih-bersih itu diprakarsai oleh komunitas lintas agama di Kota Blitar. Mereka ingin menunjukkan bahwa rasa toleransi antarumat beragama di Blitar masih terjaga dengan sangat kental.

Mereka datang dari berbagai kelompok atau organisasi masyarakat. Di antaranya ada dari Gusdurian, Gerakan Masyarakat Antiradikalisme, dan Intoleransi SARA (Gema Rasa), serta berbagai kelompok umat beragama di Indonesia termasuk kelompok aliran kepercayaan. Mereka bersatu padu tanpa memandang bulu untuk peduli terhadap musibah yang menimpa saudara dari umat Konghucu. Koordinator Gusdurian Kota Blitar Wahidul Anam mengungkapkan, aksi sosial itu merupakan salah satu upaya memupuk serta merawat rasa toleransi antarumat beragama di Kota Blitar. Kebersamaan dan kerukunan haruslah dijaga bersamasama.

“Kebersamaan ini juga menunjukkan bahwa Kota Blitar aman. Meski kita berbedabeda suku, ras, dan agama, bersyukur tetap aman,” ungkapnya kepada Radartulungagung.co.id kemarin (19/12).

Leave A Reply

Your email address will not be published.