Semakin Dekat dengan Pembaca

Bingung Membedakan Obat Asli dan Palsu? Simak, Ini Cara Gampangnya

KOTA, Radar Tulungagung – Maraknya peredaran obat palsu di tengah-tengah masyarakat menuntut para pasien untuk lebih cerdas dalam membedakan dan mengonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak dari masyarakat yang lebih senang membeli obat di pasar yang belum tentu terdaftar dan menjual obat aman sesuai dengan syarat Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Semuanya dengan alasan harga.

Apoteker K-24 Letjend Suprapto Binar Sufroun Nikmah, S.Farm.Apt menjelaskan obat palsu menurut WHO adalah obat-obatan yang secara sengaja penandaannya dipalsukan, baik identitas maupun sumbernya. Sedangkan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI (Permenkes) 1010 menyatakan obat palsu merupakan obat yang diproduksi oleh produsen yang tidak berhak berdasarkan Undang-undang, atau produksi obat dengan penandaannya meniru obat lain yang telah berizin. “Singkatnya obat asli itu obat yang dibeli dari supplier resmi dan terpercaya,” ucap Binar.

Kondisi seperti ini memicu pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memproduksi obat sejenis namun dengan kandungan yang biasanya hampa, ataupun di bawah ambang batas yang sudah ditetapkan. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan obat palsu, terutama dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan masalah kesehatan baru yang lebih mahal ketimbang harga obat bodong tersebut.

Obat palsu secara kasat mata memang sangat sulit dibedakan dengan obat yang asli. Obat palsu memiliki bentuk, warna, dan kemasan yang mirip dengan bentuk aslinya. Hanya pengujian laboratorium yang dapat membedakan di antara keduanya.

Namun, bukan berarti masyarakat tidak dapat menghindar dari obat palsu. Binar sangat menekankan pentingnya membeli obat dalam toko obat terdaftar atau apotek resmi, kemudian secara teliti memperhatikan obat yang dibeli dari segi penampilan hingga warna. Masyarakat juga perlu curiga jika obat memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang harga pasaran pada umumnya. (yay/tin/apr/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.