Semakin Dekat dengan Pembaca

BLT TRIWULAN IV, SALUR DI AWAL TRIWULAN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung melalui dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) kembali bergerak cepat menyalurkan BLT dana desa. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK.90/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa, Pencairan BLT Dana Desa mulai dapat dilakukan pada bulan Oktober. Dan di awal bulan Oktober ini tepatnya tanggal 3 Oktober, DPMD Tulungagung telah selesai me-review semua persyaratan penyaluran dari seluruh desa, sekaligus mengajukan pencairan dana ke KPPN Blitar. Serta berkat aplikasi yang telah terbangun dengan baik, maka pada hari itu juga, tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Blitar, data permintaan penyaluran telah diterima di KPPN Blitar. Hari itu juga operator di KPPN Blitar telah memproses permintaan penyaluran tersebut dan telah dapat menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana pada tanggal 4 Oktober.

Dana tersebut langsung cair dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Kas Desa (RKDes) masing-masing desa di seluruh Tulungagung yang berjumlah 257 desa dan selanjutnya akan dibagikan untuk sejumlah 27.524 keluarga penerima manfaat (KPM). Jumlah nominal BLT desa untuk triwulan IV ini Rp 24.771.600.000, sama dengan jumlah penyaluran pada triwulan I, II, dan III. Dengan demikian, jumlah pagu BLT dana desa di Tulungagung sebesar 99.086.400.000 telah disalurkan semuanya alias 100%. Pencapaian sebesar ini termasuk yang terbaik dan tercepat di seluruh Jawa Timur, bahkan mungkin di seluruh Indonesia.

Prestasi penyaluran dana desa yang cepat oleh Pemkab Tulungagung dengan bersinergi bersama KPPN Blitar ini tidak hanya berhenti pada penyaluran untuk BLT dana desa. Sampai saat ini Pemkab Tulungagung juga telah menyalurkan dana desa non-BLT tahap I dan tahap 2 untuk 257 desa. Kemudian, dana desa non-BLT tahap III sudah mencapai 199 desa sehingga tinggal tersisa untuk 52 desa. Juga telah disalurkan dana realokasi dari BLT dana desa yang ditangguhkan  karena pengalokasiannya kurang dari 40% untuk 3 desa sebesar Rp1.828.800. Dengan demikian, sampai saat ini progres penyaluran dana desa di Tulungagung yang memiliki  pagu sebesar 245.102.197.000  telah mencapai angka sebesar Rp 239.068.109.200 atau 97,5%. Angka yang sangat tinggi dan mungkin merupakan yang tercepat di Indonesia.

Penyaluran yang cepat apalagi di awal-awal masa penyaluran merupakan cermin dari bagusnya kinerja pemerintah daerah, dalam hal ini DPMD Tulungagung, dalam melakukan pembinaan pengelolaan keuangan di tingkat desa. Diharapkan dengan administrasi yang semakin bagus, maka penyaluran dana desa dapat dilakukan lebih cepat. Dalam konteks penyaluran BLT dana desa saat ini, maka penyaluran yang lebih cepat kepada KPM yang berhak akan sangat terasa manfaatnya bagi mereka, karena itu untuk menanggulangi kebutuhan mereka sehari-hari. Hal ini merupakan respons dan wujud dari kehadiran pemerintah dan negara dalam menjalankan amanat konstitusi, yaitu melindungi segenap warga negara dan menyejahterkan masyarakat. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.