Semakin Dekat dengan Pembaca

Bonus Popda 2022 Cair Tahun Ini

KOTA BLITAR – Kontingen Kabupaten Blitar yang berlaga di Popda Jatim tahun lalu mendapat angin segar. Pasalnya, pemkab melalui dinas terkait bakal mencairkan bonus atlet di tahun ini. Itu setelah kontingen Bumi Penataran finish di posisi 11 di multievent antarpelajar se-Jatim tersebut.

Tapi, para atlet dan induk cabor kudu sedikit bersabar. Musababnya, APBD induk tahun anggaran 2023 diperkirakan cair pada Maret mendatang.

Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disparbudpora Kabupaten Blitar, Nurcholis Muhaimin mengungkapkan, anggaran bonus memang menjadi salah satu item yang diajukan melalui mekanisme perubahan anggaran keuangan (PAK). Tepatnya, di pertengahan tahun lalu. “Karena itu, pengajuan bonus baru dilakukan di akhir tahun lalu. Berarti, pencairannya kemungkinan awal tahun ini,” bebernya.

Disinggung soal nominal, pria yang akrab disapa Cholis ini tidak bisa memastikan. Sebab, pengajuan dan realisasi anggaran kadang berbeda. Menurutnya, ada banyak pertimbangan yang mempengaruhi realisasi anggaran, salah satunya kemampuan keuangan daerah. “Kami ndak berani sebut. Lagipula, saat ini kan masih proses pendataan. Kewenangan kami hanya sampai pada proses pengajuan saja,” tegasnya.

Jika merunut data sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD), pemkab membuat batasan jumlah bonus bagi atlet peraih medali di kejuaraan tingkat provinsi. Rinciannya, Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta bagi atlet peraih medali emas, Rp 1 juta sampai Rp 5-2 juta bagi atlet peraih medali perak, dan Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta bagi atlet peraih medali perunggu. “Itu yang kita jadikan acuan. Kalau misal ada perubahan, hal itu sepenuhnya kewenangan pembuat kebijakan,” kata Cholis.

Informasi yang dihimpun, kontingen Bumi Penataran meraih total 10 medali emas, empat medali perak, dan tiga medali perunggu. Rinciannya, cabor gulat meraih lima medali emas, wushu dua medali emas, dan cabor panahan, atletik, dan catur masing-masing satu medali emas.

Selanjutnya, cabor BMX menyabet dua medali perak, panahan dan atletik masing-masing satu medali perak. Menyusul cabor panahan, taekwondo, dan gulat yang juga menyumbang masing-masing satu medali perunggu bagi Kabupaten Blitar. “Total ada 17 medali. Dan poin yang dikumpulkan sebanyak 51,” tandasnya. (dit/hai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.