Semakin Dekat dengan Pembaca

Brankas Pemkab Trenggalek Bakal Mengecil, Pagu APBD 2023 Turun Dibanding Tahun Lalu

TRENGGALEK – Brankas Pemkab Trenggalek pada 2023 bakal lesu. Hal itu ditandai dari pagu global APBD yang mengalami penurunan.

Berdasarkan ringkasan APBD Pemkab Trenggalek Tahun Anggaran (TA) 2023 dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Trenggalek, brankas yang berisi APBD Trenggalek mencapai Rp 1,953 triliun (T). Nilai itu lebih sedikit jika dibandingkan dengan TA 2022 dengan nilai Rp 2 T lebih.

Plt Kepala Bakeuda Trenggalek Suhartoko menjelaskan, ada beberapa komponen dalam APBD 2023. Di antaranya, pendapatan daerah sejumlah Rp 1,810 T, belanja daerah Rp 1,864 T, pembiayaan daerah Rp 142 miliar (M), pengeluaran pembiayaan Rp 89 juta. “Sehingga total APBD 2023 senilai Rp 1,953 T,” pejelasannya, saat ditemui di kantornya kemarin Senin (26/12).

Suhartoko mengakui APBD 2023 mengalami defisit anggaran Rp 53 M. Angka itu didapatkan dari nilai pendapatan daerah yang lebih kecil, dibandingkan belanja daerah. Menyikapi hal itu, lanjut dia, pemkab sudah menyusun rencana menutup defisit itu dengan menggunakan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) 2022. “SILPA ini bukan dari dana klaim Covid-19, sudah di luar itu. Dan, SILPA ini sifatnya bebas,” tegasnya.

Pria berkacamata itu menjelaskan, SILPA bebas berbeda dengan SILPA terikat. Dari sisi fungsi, SILPA terikat merupakan dana yang penggunaannya secara spesifik. “Jadi harus kita tinjau juga penggunaannya,” ucapnya. Sedangkan, SILPA bebas yakni membebaskan pemkab untuk mengelola anggaran sesuai dengan kebutuhan. “Sifatnya mirip-mirip dengan dana block grant, penggunaannya terserah kita (pemkab),” ujarnya.

Sementara ini, APBD Trenggalek TA 2023 belum diundangkan. Namun waktu lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah mengevaluasi racangan peraturan daerah (raperda) APBD Trenggalek TA 2023. Lebih lagi, Bakeuda Trenggalek saat ini sedang memproses nomor register untuk APBD TA 2023 di Pemprov Jatim. Plt Kepala Bakeuda pun membenarkan bahwa dalam waktu dekat raperda APBD 2023 bakal diundangkan. “Hari ini (kemarin, Red) kita masih meminta nomor register ke Pemprov Jatim, nanti kita undangkan,” jelasnya. (tra/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.