Semakin Dekat dengan Pembaca

Bupati Tulungagung : FKDM Harus Aktif Jaga Kondusifitas

TULUNGAGUNG – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tulungagung harus berperan aktif dalam menjaga kondusifitas di kabupaten ini. Desakan itu diungkapkan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Ketua FKDM Kabupaten Tulungagung Hery Widodo

Orang nomor satu ini meminta FKDM dapat memberi informasi pada pemerintah daerah terkait isu-isu yang berkembang di masyarakat.“Pada situasi pandemi Covid-19 tentu berpengaruh terhadap regulasi ekonomi dan sosial masyarakat sehingga banyak hal-hal yang mungkin bisa menimbulkan isu-isu atau ekses yang kurang baik, nah di sini FKDM harus berperan yakni memberikan informasi secara baik,” ungkapnya saat audiensi dengan FKDM di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Jumat (11/3/2022).

Menurut kader PDI Perjuangan ini, informasi yang akurat diperlukan pemerintah daerah. Apalagi tujuannya memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat. “Ini yang penting dilihat dari tugas pokok dan fungsinya FKDM,” tandasnya.

Mantan Sekda ini menyatakan Pemkab Tulungagung memberi atensi khusus terhadap keberadaan FKDM. Terlebih fungsi lembaga tersebut memberi informasi sedini mungkin terkait persoalan kemasyarakatan.

“Kami berharap FKDM dapat dilibatkan saat Pemkab Tulungagung melakukan berbagai kegiatan. Termasuk dalam menyelesaikan masalah kemasyarakatan,” paparnya.

Bupati Maryoto saat bertemu dengan anggota FKDM Kabupaten Tulungagung yang berjumlah lima orang tersebut juga bersedia memenuhi permintaan agar FKDM tidak hanya beranggotakan di tingkat kabupaten. Dia akan membentuk kepengurusan tingkat kecamatan, bahkan bisa sampai tingkat desa dan kelurahan.

“Tahun 2022 ini sementara untuk kepengurusan tingkat kabupaten dulu. Nanti pada tahun 2023 mendatang kami akan anggarkan untuk yang tingkat kecamatan,” ucapnya.

Di lain pihak Ketua FKDM Kabupaten Tulungagung Hery Widodo menyatakan, agar kinerja FKDM lebih efektif, maka pemerintah daerah juga harus membantu mewujudkan FKDM di tingkat kecamatan. “Kami akan bertekad memberikan informasi yang akurat kepada pemerintah daerah, agar pemerintah daerah bisa mengambil langkah yang tepat jika ada persoalan,” katanya. (and)

Leave A Reply

Your email address will not be published.