Semakin Dekat dengan Pembaca

Damkar Kabupaten Blitar Butuh Tiga Jam Evakuasi Sapi Limosin

KABUPATEN BLITAR – Para peternak musti lebih open alais perhatian dengan kondisi kandang. Itu jika tidak ingin seperti Ade Eko Yuniarto warga Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok. Sapinya nyemplung sumur stelah membobol kandang yang kurang kuat. Beruntung, sapi ternaknya masih bisa diselamatkan.

“Awalnya saya cari di sekeliling rumah tidak ada, setelah itu saya menemukan jejak kaki sapi mengarah ke selatan kandang dan terperosok ke sumur,” ujar Eko kepada awak media, kemarin (7/1).

Eko mengaku sempat panik. Sebab, ternaknya tidak ada di kandang saat dia memberi makan. Khawatir dicuri orang, dia pun lantas laporan ke Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) setempat.

Setelah dilakukan penelusuran, sapi jenis limosin tersebut berada di dalam sumur tak jauh dari kandang. Eko menyebutkan, letak sumur tersebut berada di sebelah selatan kandang yang jaraknya sekitar 20 meter dari kandang sapi. Kedalaman sumur tersebut mencapai sepuluh meter dengan diameter delapan centimeter.

Kasi penanggulangan dan Investigasi Pemadam Kebakaran Blitar, Tedy Prasojo mengatakan, bergerak cepat usah menerima laporan tersebut. Dia tiba di lokasi kejadian pukul 10.30 WIB. Selanjutnya tedy dibantu beberapa warga melakukan evakuasi. “Evakuasi dimulai sekitar puk 10.45 WIB,” akunya.

Dia mengaku, sempat kesulitan saat melakukan evakuasi. Sebab, diameter sumur berukuran kecil sementara sapi berukuran besar. Berat sapi limosin itu kurang lebih satu ton. “Diperkirakan sapi betina itu sedang hamil tiga bulan dan jika dijual bisa mencapai Rp 20 juta,” terangnya.

Dia mengaku sempat mengalami kesulitan saat mengaitkan tali pada sapi. Tali tersebut merosot sebanyak empat kali karena berat sapi. “Untungnya saat tali merosot, kondisi sapi tetap aman,” jelasnya.

Proses evakuasi berlangsung lama. Yakni kurang lebih selama tiga jam. Proses evakuasi selesai pada pukul 13.45 WIB. Dia menghimbau kepada pemilik kebun untuk menutup sumur tersebut agar kejadian yang sama tidak terulang kembali, tandasnya. (mg1/hai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.