Semakin Dekat dengan Pembaca

Dinas Perikanan minta Nelayan Segera Mengurus Izin Penangkapan BBL

TULUNGAGUNG – Terkait penangkapan AW dan DMJ warga asal Tulungagung penyelundup puluhan ribu benih lobster di pintu masuk tol Madiun KM 600, kamis (14/7/22) lalu, oleh Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Jawa Timur. Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung berikan himbauan agar nelayan segera mengurus perizinan penangkapan.
Kasi Kenelayanan, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Dedy Azhar Muhammad mengatakan, penangkapan dan penjualan Benih Benur Lobster (BBL) mulai awal tahun 2022 telah diperbolehkan.
“Penangkapan dan penjualan BBL sudah diperbolehkan, tapi khusus untuk budidaya saja, bukan untuk ekspor,” kata Dedy ketika ditemui tim Radar Tulungagung di Kantor Dinas Perikanan Tulungagung, (20/7/22).
Kasi Kenelayanan, yang juga kerap disapa Dedy ini menghimbau, agar para nelayan BBL segera mengurus izin tangkap dan budidaya secara resmi. Mengingat telah diperbolehkannya penangkapan dan pembudidayaan BBL.
“Ayolah untuk para nelayan BBL segera mengurus izin penangkapan, bisa melalui penyuluh di wilayah setempat atau bisa langsung datang ke Dinas Perikanan Tulungagung,” himbau Dedy.
Ia menambahkan, berbagai langkah sosialisasi terkait anjuran mengurus izin penangkapan sudah dilakukan. Kendati demikian, banyak para nelayan yang tidak segera mengurus perizinan tersebut.
Jika ada nelayan yang mau mengurus perizinan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh nelayan BBL. Adapun, beberapa persyaratan tersebut, yakni, memiliki nomor induk berusaha (NIB), memiliki izin penggunaan budidaya dan membuat Kelompok Usaha Bersama (KUB) atau ikut dengan KUB yang sudah ada. “KUB minimal ada 10 orang anggota,” ucapnya.
Lebih lanjut, Dedy menjelaskan jika nelayan memiliki perizinan penangkapan maka kemudahan akan didapatkan. Apabila memiliki izin penangkapan maka legalitas dalam penangkapan dan penjual BBL dapat aman dan lancar ketika melakukan perdagangan.
“Tapi kalau tidak berizin tentunya ada resiko nanti dalam perdagangan,” tukasnya. (ain/zaq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.