Semakin Dekat dengan Pembaca

Dirgahayu Ke-49 SMAN 1 Talun

Jadi Momen Tingkatkan Kreativitas dan Kompetensi

KABUPATEN BLITAR – SMAN 1 Talun (SMANTA) terus menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu sekolah unggulan di Blitar Raya. Buktinya, banyak prestasi yang sudah didapatkan oleh sekolah tersebut. Rangkaian semarak peringatan dies natalis ke-49 sekolah di Jalan Raya Kaweron itu mencapai puncaknya pada Senin (16/1).

Sekolah yang sudah berdiri sejak 16 Januari 1974 itu bermula dengan nama SMMP Blitar. SMAN 1 Talun adalah sekolah yang disebut masyarakat dengan SMANTA itu sudah banyak memberikan kontribusi di dunia Pendidikan. Terbukti para alumni SMANTA tersebar di pelosok negeri menduduki berbagai sektor baik formal maupun informal. Guna meningkatkan mutu pendidikan, SMAN 1 Talun mem-branding sesuai dengan visi unggul dalam prestasi dan iptek berlandaskan imtaq berwawasan lingkungan.

 

BERPRESTASI: Tim Paskibra SMAN 1 Talun meraih Juara 1 caraka dan juara 2 mula dalam kompetisi paskibra tingkat provinsi.

 

SMAN 1 Talun merupakan sekolah penyumbang 10 besar jalur SNMPTN di Jawa Timur tahun 2022 dan masuk top 1.000 sekolah menengah atas nasional berdasarkan Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). SMAN 1 Talun bergerak menyongsong pada transformasi masuk PTN. Diharapkan dengan persiapan dari awal, siswa yang diterima dari berbagai jalur masuk di perguruan tinggi negeri semakin meningkat.

Pada tahun ajaran 2022-2023, SMAN 1 Talun menjadi sekolah penggerak, secara langsung menerapkan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdasarkan Permendikbudristen No.56/M/2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter siswa SMAN 1 Talun yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

 

HEBAT: Kepala SMAN 1 Talun Edy Sasmito (kiri), Waka kesiswaan Muhamad Rifki Abror (kanan) melakukan foto bersama siswi peraih juara 3 lomba menulis cerpen tingkat nasional.

 

Peningkatan mutu sekolah yang didukung tenaga pendidik dan kependidikan berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah menjadikan SMAN 1 Talun benar-benar mewadahi kompetensi siswa baik akademis maupun nonakademis. Pendidikan karakter sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka sudah diterapkan jauh sebelumnya dengan diraihnya Aksi Sekolah Bersih Narkoba tingkat Provinsi Jawa Timur, demikian halnya gelar sekolah Adiwiyata mandiri. Belum lama juga dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Timur sebagai sekolah tanggap dan aman bencana. SMAN 1 Talun ditunjuk sebagai sekolah penggerak sebagai upaya mewujudkan visi pendidikan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Berbagai kegiatan harus dilakukan dengan semangat dan rasa senang, well being school.

Berbagai kreativitas dan inovasi diselenggarakan dengan meningkatkan SDM dan insfratruktur serta komunikasi dan kolaborasi lintas sektoral bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa. Prestasi regional, provinsi, nasional, bahkan internasional terkumpul di SMANTA dengan bukti sertifikat dan piala.

Dalam acara Ulang Tahun Ke-49 SMAN 1 Talun ini, banyak rangkaian kegiatan yang sudah terlaksana. Seperti lomba guru SMANTA, putra-putri SMANTA, SMANTA bersalawat dan juga banyak kegiatan lainnya yang telah sukses dilaksanakan.

 

MEMBANGGAKAN: Siswa SMAN 1 Talun berhasil meraih juara umum SMA/SMK sederajat di Jawa Timur dalam ajang Festival Literasi Budaya dan Sastra (FLBS) 2022.

 

Edy Sasmito SS MPd selaku Kepala SMAN 1 Talun mengatakan harapannya untuk SMANTA, semoga selalu berkarya dan semakin berprestasi untuk negeri. Dari SMANTA untuk Indonesia. Selamat Hari Ulang Tahun SMAN 1 Talun, semoga barokah. (*/c1)

 

SEMANGAT: Siswa-siswi SMAN 1 Talun meraih juara 3 Duta Generasi Berencana Kabupaten Blitar.
CINTA LINGKUNGAN: Chatrina Darul Rosikah selaku pembina OSIS SMAN 1
Talun (kanan) Achmad Cholik selaku Kepala DLH Kabupaten Blitar (kiri) foto bersama siswa peraih Juara 1 lomba poster ilmiah.
MERIAH: Kepala SMAN 1 Talun Edy Sasmito (tengah) melakukan foto bersama peraih penghargaan Putra-putri Smanta .
MEMUKAU: Tim basket putri SMAN 1 Talun juara 3 dalam ajang lomba basket Taruna Gemilang Basketball tingkat kabupaten.
INDAH: Persembahan batik dari Putraputri Smanta 2022 di acara Grand Final Putra-putri Smanta 2023.
Leave A Reply

Your email address will not be published.