Semakin Dekat dengan Pembaca

Dispendik Kota Blitar Gelar Apresiasi Seni Siswa

KOTA BLITAR – Usia anak merupakan usia emas. Ini menjadi momen penting untuk mendidik karakter mereka agar kelak menjadi orang yang berbudi pekerti luhur.

Momen usia emas itu pun dimanfaatkan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Blitar dengan menggelar pentas seni siswa, khususnya siswa jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) pada Sabtu (3/12)lalu. Kegiatan bertajuk “Puncak Apresiasi Seni Siswa” itu dipusatkan di Taman Kebonrojo. Diikuti sejumlah lembaga PAUD dan TK se-Kota Blitar.

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Dispendik Kota Blitar Didit Rahman Hidayat sekitar pukul 08.00. Antusiasme peserta dari PAUD maupun TK begitu tinggi. Kegiatan yang diiniasi dispendik itu pun turut meningkatkan jumlah pengunjung taman wisata gratis tersebut. “Memang sengaja kami gelar di Taman Kebonrojo, sekaligus untuk membantu meningkatkan perekonomian pedagang sekitar. Apalagi pascapandemi Covid-19 lalu,” ujarnya kepada Koran ini, Sabtu (3/12) lalu.

 

LUCU: Siswa dan siswi mengenakan pakaian kebaya saat tampil menyanyi. (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR))

 

Dia menerangkan, puncak apresiasi seni siswa merupakan salah satu program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan serta kreativitas anak-anak. Memberikan kesempatan kepada anak-anak dari jenjang PAUD dan TK untuk berani tampil di depan umum. “Ini juga sebagai wadah penyampaian informasi kepada masyarakat bahwa kegiatan ini menjadi salah satu program SERENADA,” terangnya.

Sejak dibuka mulai pukul 08.00, peserta pentas seni begitu bersemangat tampil di panggung. Mereka menampilkan berbagai atraksi mulai tarian, nyanyian, hingga salawatan. Uniknya, mereka tampil dengan mengenakan pakaian adat khas Indonesia.

Hal itu memang bagian dari tema acara. Tujuannya untuk mengenalkan budaya Indonesia sekaligus menanamkan nasionalisme serta nilai religius sejak usia dini. “Kita tahu, usia mereka saat ini adalah usia emas. Sejak dini harus dilatih tampil di depan umum. Harapannya bisa meningkatkan karakter serta kelak menjadi bagian dari pemuda Pancasila,” ungkap pria berkacamata ini.

Apresiasi seni siswa tersebut merupakan agenda rutin Dispendik Kota Blitar. Setiap tahun digelar sebanyak tiga kali. Antusiasme anak-anak, guru, hingga orang tua (ortu) begitu tinggi dengan kegiatan tersebut. “Respons ortu baik. Bahkan, mereka selalu menanyakan kapan kegiatan pentas seni seperti ini digelar. Yang pasti, sudah kami agendakan rutin tiga kali dalam setahun, salah satunya di momen Hari Pendidikan,” tandasnya. (sub/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.