Semakin Dekat dengan Pembaca

DPUPR Kota Blitar Peringati Hari Bhakti PU ke-77

KOTA BLITAR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke-77. Momen tersebut menjadi pemicu semangat bagi Dinas PUPR Kota Blitar untuk terus meningkatkan layanan di bidang pekerjaan umum maupun tata ruang kepada masyarakat.

Berbagai terobosan layanan terus dikembangkan. Terbaru, dinas PUPR meluncurkan tiga model layanan dengan mengusung motto ”Panggah Dilayani”. Motto tersebut merupakan akronim dari Panggilan Menggugah Diri Layanan Tertangani. Ketiga layanan itu meliputi SAKSI CIAMIK (Satuan Reaksi Cepat Infrastruktur dan Monitoring Konstruksi), KOVI OBOR (Konsultasi Via Obrolan Daring), dan SIPUTAR (Sistem Informasi Pekerjaan Umum dan Tata Ruang).

Wali Kota Blitar Santoso mengapresiasi terobosan layanan yang dikembangkan oleh Dinas PUPR tersebut. Model layanan baru tersebut diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama dalam hal merespon cepat pengaduan masyarakat seputar kerusakan infrastruktur di wilayah. ”Melalui terobosan pelayanan tersebut diharapkan permasalahan yang ada di lapangan mengenai infrastruktur segera tertangani dengan cepat,” ungkapnya.

Terobosan berbagai model layanan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja aparatur. Memudahkan aparatur dalam memonitor permasalahan di lapangan. “Terus tingkatkan kinerja. Tuntaskan sejumlah program kegiatan fisik maupun non fisik sesuai target dan prosedur. Masyarakat kini sudah mulai kritis dengan permasalahan infrastruktur,” ujar pria berkacamata itu.

 

SEMANGAT HARI BHAKTI PU: Wali Kota Blitar santoso menerima rangkaian balon dari perwakilan pensiunan pegawai Dinas PUPR Kota Blitar. (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 

Pada kesempatan itu, dinas PUPR juga memberikan bantuan pompa air kepada tiga pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Pemberian bantuan itu sebagai wujud pembinaan terhadap keberlanjutan pengelolaan SPAM di Kota Blitar. Untuk diketahui, saat ini telah terbangun 22 SPAM yang dikelola langsung oleh kelompok atau organisasi masyarakat.

Pembangunan SPAM Itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air di masyarakat terutama untuk kebutuhan air minum sehari-hari. Selain itu juga penyediaan pengolahan air limbah domestik. ”Kami membangun SPAM di titik-titik yang belum terjangkau oleh layanan PDAM,” jelas Kepala Dinas PUPR Kota Blitar Suharyono.

Peringatan Hari Bhakti PU ke-77 tahun ini mengusung tema “Sigap Membangun Negeri”. Sedangkan untuk Kota Blitar mengangkat tema “Bersama Membangun Blitar Keren”.Di Momen Hari Bhakti ini, Dinas PUPR berhasil masuk enam besar Kota yang dinilai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai kota yang bekinerja baik dalam pengelolaan jalan. “Mudah-mudahan pada puncak peringatan hari jalan nasional nanti mendapat nilai terbaik,” harapnya.

Menurut Suharyono, tiga model layanan baru tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang PUPR. Seperti layanan pembentukan SAKSI CIAMIK, ini merupakan modifikasi dari satuan tugas yang sebelumnya terbagi di masing-masing bidang serta hanya menangani infrastruktur. “Selain penanganan laporan pengaduan kerusakan infrastruktur, juga melakukan tugas monitoring kondisi dan hasil pembangunan infrastruktur tidak terbatas pada lingkup dinas, serta pelaksanaan kegiatan konstruksi terutama yang menjadi kewajiban kontraktor dan konsultan,” bebernya.

Kemudian, layanan KOVI OBOR bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membutuhkan informasi pelayanan dengan memanfaatkan media sosial berupa whatsaap (WA). Dengan begitu tak perlu lagi datang ke kantor PUPR. “Kami terus berupaya meningkatkan layanan ini serta evaluasi secara rutin,” tandasnya. (sub/wen)

 

KREATIF: Wali Kota Blitar santoso menyerahkan hadiah uang serta trofi kepada pemenang lomba film pendek. (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 

Kepala Dinas PUPR Kota Blitar Suharyono menyampaikan laporan. (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 

KOMPAK: Para tamu undangan hadir dalam acara tasyakuran peringatan Hari Bhakti PU ke-77 di Aula Majapahit Dinas PUPR Kota Blitar. (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 

MANTAP: Kepala DPUPR Kota Blitar Suharyono menyerahkan bantuan pompa air. (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 

BERMANFAAT: Wawali Tjutjuk Sunario menyerahkan bantuan pompa air kepada pengelola SPAM Kelurahan Plosokerep. (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)

 

PERMUDAH AKSES: Wali Kota Blitar santoso meresmikan jalan tembus baru antara Jalan Bakung dan Jalan Kerantil, kemarin (5/12). (Dok. MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADAR BLITAR)
Leave A Reply

Your email address will not be published.