Semakin Dekat dengan Pembaca

Dua Atlet Putri Gabung Pabersi

KOTA BLITAR – Memasuki penghujung tahun, Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Kota Blitar mendapat angin segar. Itu setelah induk cabor mendapat rekrutan anyar dua atlet putri sekaligus.

Pabersi Kota Blitar memang mengidam-idamkan atlet putri sejak jauh-jauh hari. Bahkan, sejak pertama kali terbentuk pada 2019 lalu, induk cabor angkat barbel ini belum memiliki satu pun atlet putri yang bergabung.

“Awalnya kita hanya punya dua atlet. Lalu, selepas porprov kemarin ada tambahan dua atlet. Tapi, semuanya adalah atlet putra. Adapun satu atlet putri yang ikut latihan bersama itu adalah dari cabor angkat besi,” kata ketua Pabersi Kota Blitar, Siswandi.

Jumlah atlet yang ada memang terbilang sangat minim. Dengan kedatangan dua atlet anyar membuat proses persiapan untuk menghadapi kompetisi bakal menjadi lebih mudah. “Sebab, kita punya pilihan yang lebih banyak. Jadi, program bisa lebih padat dan variatif,” tegasnya.

Saat ini, kata Siswandi, kedua atlet putri yang baru bergabung masih dihadapkan dengan program tryout. Kebijakan ini memang berbeda dengan kebijakan yang diterapkan bagi atlet putra. Alasannya, jajaran pengurus induk cabor masih perlu melihat seberapa jauh kesiapan fisik dan mental anak asuhnya.

“Karena mereka adalah putri, mereka masih diminta latihan biasa terlebih dulu. Cuma ketahanan fisik. Belum angkat barbel. Karena ini kan olahraga berat. Penting bagi kami untuk melihat ketahanan mental dan fisik mereka,” bebernya.

Kebijakan ini bakal berlangsung hingga sebulan ke depan. Guna meminimalkan risiko, pengurus induk cabor juga akan melakukan komunikasi dengan para wali atlet. “Kalau itu terkait perizinan dari orang tua. Kita juga ingin pastikan tetap ada monitoring dan kontrol ketat dari wali mereka,” tandasnya. (dit/c1/ady).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.