Semakin Dekat dengan Pembaca

Dua Jam Hujan Deras , Tanggul Desa Gembleb Jebol Pemukiman Kebanjiran

TRENGGALEK – Masyarakat Bumi Menak Sopal di beberapa daerah harus tetap waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari dua jam. Pasalnya, hal tersebut mengakibatkan terjadinya bencana salah satunya banjir.

Buktinya kemarin (5/12) terjadi banjir luapan di wilayah Desa Gembleb, dan Bendorejo, Kecamatan Pogalan sekitar pukul 16.00. Dimungkinkan hal tersebut terjadi lantaran hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut sejak sekitar pukul 14.00. Dengan kondisi tersebut membuat sungai di desa tersebut meluap hingga air menggenangi jalan di sekitar. “Untuk sementara laporan seperti itu yang di dapat, dan kami telah menerjunkan tim ke lokasi untuk mengeceknya,” ungkap Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspitasari.

Dia melanjutkan, untuk banjir di wilayah Desa Bendorejo, terjadi lantaran imbas dari aliran sungai dari arah Gembleb yang tidak sepenuhnya bisa mengalir. Itu berakibat di RT 20, Dusun Nglembu, Desa Bendorejo tergenang air didepan rumah warga. Sedangkan untuk di Desa Gembleb terjadi lantaran tanggul sungai di RT 25 jebol. “Semuanya terjadi lantaran banjir luapan, sehingga saat ini ketika hujan berhenti berdasarkan laporan yang kami dapat air sudah mulai surut,” katanya.

Kendati demikian BPBD meminta masyarakat agar tetap waspada mengenai kemungkinan terjadinya banjir susulan. Sebab tidak menutup kemungkinan hujan dengan intensitas tinggi dengan waktu minimal dua jam kembali terjadi di Trenggalek. Hal tersebut terjadi lantaran berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga akhir tahun ini.

Sehingga kewaspadaan masyarakat bukan akan terjadi bencana banjir saja, melainkan bencana hidrometeorologi lainnya. Itu dilakukan untuk meminimalisir dampak akibat bencana tersebut. “Karena itu kami selalu membentuk desa tangguh bencana di desa yang rawan untuk meminimalisir dampaknya,” jelas Pipit. (jaz/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.