Semakin Dekat dengan Pembaca

Dua Pecatur Siap ke Puslatda Kejurnas

KOTA BLITAR – Kurang dari sebulan pemusatan latihan daerah (puslatda) Jatim digelar. Itu jadi persiapan pamungkas jelang Kejuaran Nasional (Kejurnas) Catur di Jakarta tahun depan. Mengirim dua wakilnya, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Blitar mulai bicara soal target.

Pelatih Percasi Kota Blitar, Diky Dimas Arianto menyatakan, pihaknya sedang mempersiapkan dua atlet junior ke agenda Kejurda Jatim bulan depan. Kedua pecatur yang dimaksud adalah atlet putra Dewa Fortuna dan atlet putri Gyda Sava Al Zahra. Nama terakhir adalah peraih gelar juara di event Kejurda Jatim beberapa bulan lalu. ”Yang dikirimkan memang atlet junior. Karena punya kapasitas dan secara mental dinilai siap,” tegasnya.

Agenda puslatda bakal digelar di Surabaya. Sebelum memberangkatkan keduanya atletnya ke Kota Pahlawan, induk cabor menginstruksikan atlet untuk meningkatkan porsi latihan. ”Setiap sesinya, mereka harus berlatih selama 2-3 jam. Dalam kurun waktu itu, mereka harus ’pegang’ minimal dua catur,” imbuhnya.

Wajar bila Percasi Kota Blitar serius Kejurnas tahun depan. Pasalnya, ajaran pengurus di tingkat provinsi memberikan instruksi bagi kontingen Jatim untuk kembali menjadi juara umum di gelaran yang sama. ”Memang tidak bisa dikatakan target. Tapi, ada instruksi khusus demikian. Karena kita sudah beberapa kali juara umun di Kejurnas,” ujar pria yang juga menjadi ketua Bidang Perwasitan di intenal Percasi Kota Blitar ini.

Uniknya, selain diberi materi latih tanding dengan melawan para pecatur kawakan, para pecatur Kota Patria juga disuguhi materi khusus. Yakni, puzzle catur. Selain untuk meningkatkan ketajaman berpikir, materi ini juga dimaksudkan agar para atlet terbiasa bermain dalam tekanan.

”Mumpung masih muda harus banyak diberi materi seperti itu agar makin kritis. Karena lawannya nanti adalah atlet-atlet yang usianya berada di atas mereka. Tapi, kita akan perlihatkan bahwa regenerasi internal berjalan baik dan anak-anak tidak kalah dari atlet yang lebih dewasa,” tandasnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.