Semakin Dekat dengan Pembaca

Dua Penghargaan di Hari Jadi Ke-77 Pemprov Jatim Raih Kota Sehat dan ASN Achievement Award 2022

SURABAYA – Berbagai prestasi terus diukir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Teranyar, pemkot kembali diganjar penghargaan Kota Sehat dan Lencana Emas Jer Basuki Mawa Beya, kemarin (12/10).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Blitar Santoso pada upacara puncak peringatan Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur (Jatim), di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Penghargaan Kota Sehat ini merupakan penghargaan keempat yang diterima oleh Pemkot Blitar.

Artinya, tahun depan kota berjuluk Bumi Bung Karno ini siap meraih Swasti Saba Wistara. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang berprestasi di bidang kesehatan yang diberikan kepada pemerintah kota atau kabupaten di Indonesia. Sebelumnya, Pemkot Blitar juga telah meraih gelar tersebut. “Terima kasih kepada seluruh OPD, forum kota sehat, dan masyarakat Kota Blitar yang telah bersinergi sehingga mampu mempertahankan dan mengembangkan Kota Sehat. Kepada masyarakat, terima kasih sudah terus mengembangkan budaya dan perilaku hidup bersih dan sehat di Kota Blitar,” ungkap Wali Kota Santoso.

Terdapat beberapa tatanan yang harus dipenuhi dan dievaluasi sebelum kota atau kabupaten mendapatkan gelar Kota Sehat. Tatanan itu meliputi kawasan permukiman; sarana dan prasarana umum; kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi; kawasan industri dan perkantoran yang sehat; kawasan pariwisata sehat; kehidupan masyarakat sehat yang mandiri; ketahanan pangan dan gizi; serta kehidupan sosial yang sehat.

Sementara itu, dalam ajang ASN Achievement Award 2022, Pemkot Blitar berhasil meraih penghargaan terbaik kedua pada kategori kelembagaan: BKD/BKPSDM/BKPP dalam Penyelenggaraan Bangkom Berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s) dan Kepala Daerah Peduli Bangkom SDGs, Pengembangan Kompetensi Berbasis Digital SDGs untuk Wali Kota Blitar Santoso.

“Setelah dilakukan visitasi lapangan oleh tim penilai dan dilaksanakan presentasi oleh kepala daerah, Kota Blitar dinilai sukses dalam pembangunan daerah berbasis SDGs dan meraih penghargaan lencana Jer Basuki Mawa Beya,” terangnya.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi Pemprov Jatim atas komitmen kepala daerah terhadap pengembangan kompetensi (Bangkom) ASN berwawasan Sustainable Development Goals (SDG’s). Komitmen kepala daerah tersebut juga telah diuji melalui seleksi ASN Achievement Award 2022 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim.

Dia berharap berbagai penghargaan yang telah diraih Pemkot Blitar selama ini semata-mata demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Seluruh elemen masyarakat tetap kompak dan saling bersatu padu membangun Kota Blitar menjadi lebih baik, maju, dan religius. ”Mari jaga kondisi kota Blitar agar tetap aman, tertib, dan damai. Jika situasi aman dan nyaman, maka kerja sama-kerja sama dengan berbagai pihak termasuk investor berjalan lancar. Mereka akan bersemangat untuk berinvestasi. Ujung-ujungnya untuk kesejahteraan Kota Blitar juga. Kalau gaduh, bisa-bisa investornya takut,” terang pria ramah ini. (sub/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.