Semakin Dekat dengan Pembaca

Dua Pohon Tumbang Timpa Dua Warung

KOTA BLITAR –Hujan disertai angin kencang merobohkan dua pohon besar di tepi Jalan Cemara hingga menimpa dua lapak jualan milik warga, kemarin (5/12). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Warga setempat Samsuri mengatakan, hujan deras dan angin kencang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu tiba-tiba pohon besar yang berada di seberangnya tumbang menimpa lapak jualan di belakangnya. Kemudian disusul pohon besar di sebelah utaranya juga menimpa warung soto hingga merusak trotoar. “Beruntungnya saat pohon pertama roboh, pemilik warung soto di sebelahnya segera membereskan dagangannya,” ujarnya kemarin (5/12).

Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini. Namun dua warung makan dan pagar pekarangan rumah tertimpa pohon. Salah warung yang tertimpa itu milik Rudi Hartono. Saat kejadian dia tidak berada di warung.

Dia kaget ketika tiba di lokasi melihat warungnya rusak tertimpa pohon. Pria asal Kelurahan Pakunden itupun memilih pulang dan membawa kembali barang dagangannya itu. “Mau jualan disini sudah tidak bisa, lampunya mati dan perkakas dapur tertimpa pohon. Sementara jualan di rumah dulu,” katanya. Akibat kejadian itu, dia mengalami kerugian sekitar Rp 4 juta rupiah.

Rudi mengharap kepada dinas terkait agar memantau pohon-pohon besar dan berusia tua yang rawan tumbang. Jika membahayakan agar segera ditebang daripada menimbulkan korban.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar Setya Wiratna mengatakan, penyebab pohon tumbang adalah hujan deras yang disertai angin kencang. Pasca kejadian, BPBD bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung melakukan penanganan lebih lanjut. “Rencana penanganan dilakukan besok (hari ini, Red), sebab lokasi roboh relatif tidak berbahaya dan menunggu penanganan jaringan PLN yang terdampak,” tandasnya. (mg1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.