Semakin Dekat dengan Pembaca

ESI Kabupaten Sulit Ajukan Anggaran

KABUPATEN BLITAR – Meski jajaran Pengurus Kabupaten (Pengkab) Electronic Sport Indonesia (ESI) Blitar sudah dilantik, nyatanya jajaran pengurus masih belum bisa mengajukan anggaran pembinaan ke KONI. Hal itu karena induk cabor belum menerima surat keputusan (SK) kepengurusan.

Ketua ESI Kabupaten Blitar, M. Taufan Perdana Putra mengaku, proses pelantikan sudah dilaksanakan sejak Oktober lalu di Kota Surabaya. Bahkan, Pengkab ESI Kabupaten Blitar juga ambil bagian dalam laga ekshibisi Porprov VII Jatim yang digelar Juli lalu. “Kami dilantik oleh pengurus di tingkat provinsi. Bahkan sudah terjun di kompetisi resmi pada porprov lalu,” ujarnya.

Sayang, jajaran pengurus belum juga menerima SK dari Pengurus Besar (PB) ESI di tingkat pusat. Hal ini bukannya tidak menjadi masalah bagi induk cabor. Itu membuat ESI Kabupaten Blitar belum bisa mengajukan anggaran pembinaan ke KONI.

“Kalau tidak ada SK, kita tidak punya ‘modal’ untuk mengajukan draf anggaran ke KONI. Itu baru bisa diajukan kalau kita sudah mendapat SK kepengurusan, rancangan anggaran, dan struktur organisasi. Yang belum ada hanya SK,” bebernya.

Artinya, dipastikan jika pencairan anggaran bagi ESI baru bisa dilakukan mulai Februari. Sebab, PB ESI dikabarkan baru akan menerbitkan SK kepengurusan pada Januari tahun depan. Buntutnya, jelas Taufan, seluruh pembiayaan dalam upaya pembinaan pada Januari akan ditalangi dengan anggaran swadaya. “Atau juga bisa kita lakukan kerja sama. Sejauh ini ada sekitar 10 sponsor yang menyatakan siap untuk bekerja sama,” kata pria yang juga menjadi tenaga pendidik di Unisba Blitar ini.

Dia mengungkapkan, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 50 juta untuk program pembinaan setahun ke depan. Itu merupakan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh jajaran pengurus. Jumlah itu memang terbilang cukup besar. “Karena itu, saat ini kami mulai dengan melakukan banyak pendekatan. Jadi, setidaknya di Januari mendatang kita sudah punya pegangan untuk mulai pembinaan,” tandasnya. (dit/c1/ady)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.