Semakin Dekat dengan Pembaca

Fenomena Tawon Vespa Resahkan Warga Tulungagung 2 Tahun Terakhir

TULUNGAGUNG – Masyarakat Tulungagung mengeluhkan banyaknya fenomena sarang tawon vespa di sekitar rumahnya. Hal ini terbukti dengan maraknya laporan masyarakat untuk meminta evakuasi sarang tawon vespa oleh Petugas Pemadam Kebakaran Tulungagung. Tren kenaikan kasus tawon vespa naik sejak dua tahun terakhir.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Tulungagung Gatot Sunu Utomo menjelaskan, pada 2020 tercatat ada sebanyak 80 laporan yang diterima terkait permintaan evakuasi keberadaan sarang tawon vespa. Sedangkan pada 2021, tercatat ada 175 laporan evakuasi sarang tawon vespa yang mengancam kenyamanan masyarakat.

“Bahkan pada Januari dan Februari 2022 ini sudah masuk 66 laporan warga untuk meminta bantuan evakuasi sarang tawon vespa yang berada di rumah. Paling banyak bangunan rumah yang berukuran besar,” ujarnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan data yang diperoleh, keberadaan sarang tawon vespa di rumah warga mengalami tren kenaikan cukup signifikan. Jika dirata-rata, tiap harinya ada sebanyak empat laporan yang masuk kepada petugas.

Keberadaan sarang tawon vespa di rumah warga memang membahayakan kenyamanan tempat yang dihinggapi. Apabila seseorang terkena dua sengatan tawon vespa sekaligus, maka korban bisa langsung masuk rumah sakit. Parahnya, sengatan racun tawon vespa ini sangat menyakitkan, tapi di Tulungagung alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat sengatan tawon vespa tersebut.

“Fenomena sarang tawon vespa dalam dua tahun terakhir memang sangat luar biasa. Saya tidak tahu pasti kenapa keberadaan sarang tawon vespa sangat marak sekali, apakah akibat cuaca, kami juga belum tahu secara pasti,” jelasnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan segera melaporkan kepada petugas apabila di rumah terdapat sarang tawon vespa. Tetapi, jika sarang tawon vespa jauh dari rumah warga lebih baik untuk dibiarkan.

“Saya melarang petugas melakukan evakuasi sarang tawon vespa yang berada di alam atau jauh dari permukiman. Karena, saya yakin bahwa keberadaan sarang tawon vespa memiliki manfaat bagi lingkungan,” pungkasnya. (jar/c1/din)

Leave A Reply

Your email address will not be published.