Semakin Dekat dengan Pembaca

Fokus Tambah Kuota Atlet

KABUPATEN BLITAR – Fokus Asosiasi Futsal Kabupaten (Afkab) Blitar akhir tahun ini adalah menambah jumlah atlet. Sayangnya, sampai bulan ini agenda induk cabor masih belum intensif. Faktor internal disebut menjadi alasan utama.

Ketua Afkab Blitar, Yuni Erfandianto mengatakan, perombakan besar bakal diberlakukan di tim putra. Wajar, ada banyak pemain yang sudah lewat masa produktifnya sebagai atlet. Untuk itu, peremajaan perlu segera digelar. “Yang main di Porprov tahun ini sudah tidak bisa dibawa untuk tahun depan. Berarti kan harus cari bibit lagi,” terangnya.

Sedangkan tim putri tidak akan banyak mengalami perubahan. Pasalnya, seluruh atlet putri yang bermain di Porprov tahun ini rata-rata masih berusia 18-19 tahun. Sedangkan batas usia atlet Porprov adalah 21 tahun. Itu berarti, afkab masih bisa kembali berharap banyak pada tim putri untuk kembali diturunkan tahun depan. “Kalau (tim putri, Red) itu ndak masalah. Hanya butuh tambahan sedikit,” jelasnya.

Sayang, rencana penjaringan bibit atlet masih harus ditahan. Pihak KONI masih belum menyampaikan kuota penerimaan atlet bagi masing-masing induk cabor. Selama ini kuota atlet memang menjadi poin penting untuk jadi perhatian induk cabor. Sebab, itu berkaitan langsung dengan nominal anggaran pembinaan tahunan.

“Kalau rencana sudah tersusun. Misalnya dengan menggelar kompetisi atau kejuaraan tingkat kabupaten. Di beberapa kecamatan kan sudah digelar. Tapi itu digelar oleh perkumpulan klub. Kita ingin menggelar kompetisi dengan membawa nama afkab. Tapi belum ada kuota,” bebernya.

Untuk itu, beber Yuni, afkab lebih memilih untuk memangkas jadwal agenda koletif. Termasuk sparing maupun latihan rutin. Hal ini disebut lebih proporsional dan bisa menghemat jumlah anggaran tahunan. “Kalau sudah ada kepastian, bisa langsung digelar. Kita juga ingin segera ada peremajaan,” tandasnya. (dit/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.