Semakin Dekat dengan Pembaca

Hari Ini Relokasi PKL Utara Alun-Alun Kota

KOTA BLITAR – Janji Pemerintah Kota (Pemkot) menata pedagang Kaki Lima (PKL) di Alun-Alun Kota Blitar mulai terwujud. Khususnya PKL yang selama ini berjualan di sisi utara alun-alun.

Pemkot Blitar telah menyiapkan tempat relokasi bagi PKL utara alun-alun untuk berjualan. Pemkot memanfaatkan lahan sisi timur alun-alun yang baru selesai dibangun.”Rencananya, Kamis besok (hari ini, Red) pedagang direlokasi. Hari ini (kemarin, Red) sudah dibersihkan dan sudah ada pedagang berjualan di Jalan Merapi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono kepada koran ini, kemarin (4/1).

Sekda dan jajaran sudah mengecek kesiapan lahan relokasi tersebut. Pemkot menyedikan fasilitas lapak serta tenda bagi PKL untuk berjualan. Dia berharap relokasi yang rencanananya dilaksanakan hari ini berjalan tanpa hambatan.

Priyo mengaku sudah sosialisasi kepada PKL utara alun-alun terkait rencana relokasi tersebut. Menurutnya, mayoritas pedagang sudah sepakat untuk direlokasi. “Kami mohon dukungan pihak-pihak terkait untuk relokasi pedagang. Semoga diberikan kemudahan, kelancaran, kesuksesan dan segala keberkahan,” harapnya.

Dengan pendekatan persuasif dan humanis, pemkot berharap tidak ada gejolak yang berarti selama relokasi. Sebenarnya, sudah lama pemkot berencana untuk merelokasi pedagang sisi utara tersebut. Selama ini, pemandangan di sisi utara alun-alun terkesan kumuh.

Keberadaan PKL yang berada di timur alun-alun membuat lalu lintas macet. Terlebih rawan dengan premanisasi. “Seakan-akan ini sulit dibenahi. Makanya, relokasi tersebut membuat kondisi utara alun-alun makin bersih, rapi, indah, tertib dan lancar.

Sekedar untuk diketahui, rencana relokasi pedagang utara Alun-Alun Kota Blitar sudah digaungkan sejak era wali kota Blitar Samanhudi Anwar. Rencananya, PKL utara alun-alun direlokasi di kios Stadion sisi utara. Namun rencana itu urung terealisasi.

Sebelumnya, pemkot sudah merelokasi PKL di sisi timur alun-alun ke kios stadion sisi selatan. Relokasi tersebut merupakan bagian dari penataan PKL di Kota Blitar. Pemkot ingin mewujudkan Kota Blitar yang rapi dan bersih. (sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.