Semakin Dekat dengan Pembaca

Hebat, Enam Desa Wisata Di Trenggalek Berhasil Sabet Anugerah Sadewa 2022

KOTA, Radar Trenggalek – Perhatian Pemkab Trenggalek pada perkembangan desa wisata tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini dibuktikan dengan adanya Anugerah Sadewa 2022 yang diberikan kepada enam desa terpilih sesuai kategori penilaian.

Pemberian penghargaan ini bersamaan dengan Community Week II Rumaket Greget yang dihelat di halaman Pasar Pon sejak Jumat (25/11).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sunyoto mengatakan, kolaborasi antar pihak untuk menjalin kerja sama memang perlu dilakukan.

Pemberian piagam penghargaan kepada Desa Wisata Pandean.

Khususnya dalam hal pengembangan ekonomi kreatif, tak terkecuali dalam hal pengembangan desa wisata. Mengingat potensi yang ada di dalamnya begitu luar biasa.

“Penghargaan ini merupakan tindak lanjut dari program 100 desa wisata. Sehingga kami menilai setiap desa wisata setiap hari, hingga akhirnya didapat enam desa yang menjadi pemenang di setiap kategori,” katanya saat memberikan sambutan.

Nyoto, -sapaan akrabnya menambahkan enam kategori itu meliputi daya tarik wisata terbaik, ekonomi kreatif terbaik, homestay terbaik, kelembagaan terbaik, produk dan paket wisata terbaik, dan pelestarian lingkungan terbaik.

Pemberian penghargaan kepada Desa Wisata Tegaren.

Diharapkan para desa pemenang bisa terus mengembangkan potensi yang dimiliki agar membawa kesejahteraan untuk warganya.

“Selamat untuk enam desa wisata yang dinobatkan menjadi terbaik. Kami berharap ke depannya bisa terus berjalan secara lebih baik lagi,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Sekda Trenggalek Edy Soepriyanto. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi kreatif ke arah yang lebih baik merupakan harapan bersama.

Pemberian penghargaan kepada Desa Wisata Dongko.

Apalagi ini dikemas dalam sebuah penyelenggaraan acara yang bersama-sama untuk mengusung misi yang sama.

“Acara seperti Rumaket Greget ini merupakan hal yang pertama kali dilakukan. Karena bisa mengkolaborasikan banyak hal dalam satu panggung yang menghasilkan sesuatu yang luar biasa,” katanya.

Edy, -sapaan akrabnya menambahkan, pemkab selama ini sangat terbuka untuk menampung dan mengembangkan potensi ekraf maupun desa wisata. Karena itu bisa menambah gairah munculnya potensi baru yang bisa membawa kesejahteraan bersama.

Pemberian penghargaan kepada Desa Wisata Sawahan.

“Dengan adanya desa wisata di berbagai sudut Trenggalek, tentunya tidak membuat wisata hanya terkonsentrasi di kawasan Prigi saja,” tambahnya.

Pria paruh baya ini mengingatkan agar tidak latah dalam membangun desa wisata. Misalnya ikut-ikutan desa tetangga untuk membuat tetapi tidak memikirkan pengelolaannya seperti apa.

Untuk itu, dia mempersilakan setiap pemerintah desa untuk memaksimalkan dana transfer dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Sehingga ini bisa menjadi bekal dalam hal peningkatan pendapatan asli desa.

“Silakan mengawali dengan menggelar studi kelayak

Pemberian penghargaan kepada Desa Wisata Masaran.

an dengan menggandeng akademisi. Dengan begitu bisa diketahui potensi apa yang bisa ditingkatkan. Apalagi saat ini yang paling banyak digarap adalah wisata alam,” tandasnya.(jaz/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.