Semakin Dekat dengan Pembaca

Hebat, SMAN 1 KESAMBEN Bertabur Seabrek Prestasi Provinsi-Nasional

KABUPATEN BLITAR – Tahun ini menjadi tahun produktif bagi SMAN 1 Kesamben. Buktinya, lembaga SMAN terbaik di Blitar ini mampu meraih berbagai prestasi di berbagai di bidang di sepanjang 2022. Itu menjadi kado manis bagi SMAN 1 Kesamben yang memperingati dies natalis yang jatuh pada 26 Oktober lalu.

Total ada tujuh preatasi bergengsi tingkat nasional yang diraih di sepanjang tahun ini. Di antaranya juara 1 futsal se-eks Karisidenan Kediri dalam peringatan Sumpah Pemuda 2022, juara 3 nasional dalam marketing plan competition yang diraih oleh Vitalisa Ervina dan Lailatul Khotimah. Keduanya adalah siswi tingkat XII IPA I. Lalu juara umum nasional Piala Kemenparekraf Ajang Aryo Blitar Scout Festival 2022, dan juara umum Kejuaraan Karate Shoto Kai Pengprov Jatim 2022.

Bukan hanya itu, SMAN 1 Kesamben juga berhasil meraih juara 1 Kejurprov Pencak Silat kelas H yang diraih oleh siswa tingkat XII IPA 5, Didan Akfi Syaifillah. Lalu juara 3 Olimpiade Nasional Indonesia Hebat yang diraih oleh siswa tingkat XII IPA 1, Gede Darma, serta juara 3 nasional Lomba Fiksi Adable yang diraih oleh dua siswi tingkat XII IPA 4, Ulfa Nur Azizah dan Anisa Nur Aini.

Kepala SMAN 1 Kesamben, Cacuk Harsoyo mengatakan, anak didiknya juga berhasil menyabet belasan prestasi di berbagai ajang, baik di tingkat lokal dan provinsi. Itu membuat keluarga besar sekolah sangat bangga dan termotivasi untuk meraih lebih banyak prestasi ke depan. “Anak-anak sangat semangat dalam belajar dan berlatih. Kami terus berupaya memberi dorongan motivasi dan fasilitas yang terbaik,” jelasnya.

 

BERPRESTASI: Kepala SMAN 1 Kesamben Cacuk Harsoyo dan Waka SMAN 1 Kesamben Bidang Kesiswaan M. Saifudin Yuhdi foto bersama siswa juara 1 futsal se-eks Karisidenan Kediri pada Hari Sumpah Pemuda Cup 2022. (FOTO-FOTO: SMAN 1 KESAMBEN FOR RADAR BLITAR)

 

Motivasi dan apresiasi disebutnya menjadi kunci atas berbagai prestasi yang diraih. Soal apresiasi juga jadi perhatian khusus. Cacuk menyebutkan, mereka yang berprestasi selalu diberi reward. Diharapkan hal ini membuat anak didik semakin termotivasi untuk meraih prestasi terbaik. “Ada reward dari unsur komite. Itu membuat anak-anak sangat senang. Karena ada pengakuan bagi mereka yang berprestasi,” tegasnya.

Pria ramah ini menegaskan, prestasi secara personal juga diraih. Itu setelah pria ramah ini mengirimkan lebih dari satu karya inovasi yang berkualitas. Dimana hal itu dibuktikan dengan laporan inovasi yang dikirim Dinas Pendidikan Provinsi Jatim melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan.

“Sertifikat itu dari dinas tingkat provinsi. Saya tuliskan berbagai inovasi nyata yang sudah dilakulan di sekolah ini. Lalu kami kirimkan, alhamdulillah diapresiasi oleh dinas provinsi sehingga mendapatkan piagam penghargaan di Hari Pendidikan Nasional 2022,” bebernya.

Berbagai prestasi yang disebutkan di atas menjadi kado terbaik bagi SMAN 1 Kesamben yang memperingati dies natalis ke-28 yang jatuh pada 26 Oktober. Guna menggenjot prestasi, sekolah menggelar berbagai ajang perlombaan. Rangkaian kegiatan peringatan dies natalis digelar sejak 24 Oktober hingga 1 November kemarin.

Beberapa agenda digelar, mulai dari doa bersama, lomba tari, lomba vokal, lomba teatrikal, lomba baca puisi, jalan sehat, hingga festival band untuk umum bagi pelajar tingkat SMA sederajat. Adapun malam puncak peringatan digelar pada 1 November.

“Di malam puncak, kita undang berbagai unsur. Mulai TNI, Polri, muspika, hingga warga di sekitar lingkungan sekolah. Ini sebagai bentuk syukur atas berkah ilmu bagi anak-anak dan para guru di SMAN 1 Kesamben,” terangnya.

Meski tahun ini ditutup dengan banyak prestasi, tegas Cacuk, keluarga besar SMAN 1 Kesamben harus semakin termotivasi untuk meraih lebih banyak prestasi di tahun depan. Hal itu memerlukan kekompakan dari seluruh warga sekolah. “Prestasi adalah hasil kekompakan dalam proses pembibitan dan pelatihan. Baik dari unsur kasek, waka, guru, pelatih, hingga siswa. Itu yang kami tekankan di sini,” pungkasnya. (dit/ady)

 

MEMBANGGAKAN: Siswa tingkat XII IPA 5, Didan Akti Syaifillah berpose usai meraih juara 1 Nasional Pra Popnas Pencak Silat kelas H putra di Kaltim. (FOTO-FOTO: SMAN 1 KESAMBEN FOR RADAR BLITAR)
Leave A Reply

Your email address will not be published.