Semakin Dekat dengan Pembaca

Hilangnya Budaya Lokal Akibat Dari Globalisasi

Oleh: FAVIANDA ABHI WIDYATAMAKA Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Muhammadyah Malang

Globalisasi dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Perkembangan globalisasi membuat pengaruh besar bagi budaya local dalam sebuah negara. Jadi, ap aitu globalisasi dan budaya?

Budaya adalah cara hidup yang berkembang di dalam berbagai lingkungan dan itu diwariskan turun menurun oleh leluhur. Budaya ini lebih dikenal dengan ciri khasnya yang unik. Kebudayaan merupakan suatu hal yang sangat penting karena itu untuk membentuk identitas bangsa. Dalam hal kebudayaan, banyak sekali unsur yang terkandung didalamnya seperti Bahasa, system pengetahuan, ekonomi, teknologi, kesenian, dll. Selain itu juga, budaya juga meliputi kebiasaan-kebiasaan, norma, serta nilai-nilai yang terkandung di dalam masyarakat.

Globalisasi merupakan sebuah hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antar manusia di seluruh dunia. Globalisasi ini masuk dalam segala hal seperti investasi, perdagangan, perjalanan, popular, dan budaya sehingga batas-batas suatu negara menjadi sempit. Dengan datangnya globalisasi ini membuat dunia menjadi tidak luas lagi. Proses globalisasi ini juga didukung dengan kemajuan teknologi, informasi, dan telekomunikasi sehingga dengan adanya kemajuan dalam bidang tersebut memudahkan hubungan manusia menjadi tidak sulit.

Jadi datangnya globalisasi ke dalam suatu negara akan perpengaruh kedalam masyarakat dalam menyikapi perkembangan budaya local yang ada. Apakah datangnya globalisasi ini kita harus tolak atau diterima. Tentu, datangnya globalisasi ini membawa tantangan berat bagi masyarakat dalam menyikapinya khususnya di Indonesia.

Indonesia sendiri lebih dikenal dengan kebudayaannya dan keanekaragamannya yang unik. Kekayaan akan hal budaya di Indonesia ini karena Indonesia negara yang sangat luas dan memiliki banyak suku bangsa. Dengan demikian, Indonesia memiliki banyak daerah-daerah yang di dalamnya juga memiliki Bahasa daerah adat istiadat, tarian, lagu, dan warisan budaya lainnya.

Dengan kehadiran globalisasi akan meberikan banyak dampak positif terhadap perkembangan budaya local. Teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah sangat maju semakin cepat dan mendorong masyarakat untuk lebih maju. Tidak hanya dalam bidang teknologi, globalisasi juga membawa dampak positif bagi budaya seperti pertukaran antar budaya satu sama lain. Dengan adanya pertukaran tersebut, seuatu budaya negara lain bisa dapat dipelajari dengan mudah.

Disis lain, meskipun globalisasi membawa dampak positif, akan tetapi globalisasi juga membawa dampak negative pula. Dampak negatifnya seperti budaya local akan terancam dengan budaya asing. Jika dilihat leboh lanjut, masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan budaya asing dibandingkan dengan budaya lokalnya sendiri. Budaya asing yang masuk dianggap lebih menyenangkan ketimbang budayanya sendiri. Dampak lainnya adalah masyarakat telah hilang akan pentingnya musyawarah dan kebersamaan. Datangnya globalisasi ini membuat masyarakat semakin individualis terhadap lingkungan sekitarnya.

Sifat individualis ini meyebabkan masyarakat lebih mementingkan kepentingan individu diandingkan kepentingan bersama. Selain itu juga, globalisasi membawa dampak kepada social yaitu terjadinya kesenjangan social di dalam masyarakat.

Oleh karena itu, agar tidak menghilangnya budaya local ada beberapa cara yang bis akita lakukan. Masyarakat perlu memahami dan mempelajari lagi sejarah dan nilai-nilai kebudayaan local. Peran dari pemerintah untuk terus mendukung pada kebudayaan juga sangat penting. Selain itu, diperlukannya pameran festival budaya aga masyarakat lebih mengenal budayanya sendiri. Dengan demikian, masyarakat akan dapat menjaga dan melestarikan kebudayaannya dengan baik.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.