Semakin Dekat dengan Pembaca

Hobi Desain, Jadi Bisnis Menarik

KOTA BLITAR – Terjun di dunia desain merupakan pilihan kegiatan yang saat ini tengah digandrungi. Termasuk yang dilakoni Qurrotul A’yunina. Ketertarikannya di bidang desain ini sejak duduk di bangku madrasah tsanawiyah (MTs).

“Awalnya diajari bikin poster iklan minuman. Nah, dari situ mulai suka sama desain,” ungkapnya.

Saat mendesain, wanita yang akrab disapa Ayun ini mengaku sangat menikmati setiap prosesnya. Mulai dari mencari ide sampai proses pemasaran. Selain itu, perempuan berusia 25 tahun ini juga sering membuat konten dan di-upload di media sosial (medsos). Mulai dari proses editing sampai proses produksi. Membuat konten merupakan part paling seru. Pasalnya, satu konten sudah bisa menjelaskan produk kepada customer. “Dari bisnis ini aku bener-bener menemukan kegiatan yang capeknya bikin bahagia. So buat teman-teman, jangan ragu untuk memilih sesuatu yang kamu cintai ,” ungkapnya.

Mendesain sering dianggap pekerjaan yang gampang. Bahkan, kerap teman ataupun customer menawar dengan harga rendah ataupun meminta gratisan. Itulah kendala yang kerap kali dialami dan membuatnya kecewa. Padahal, mendesain tak semudah apa yang dilihat. “Pertama memikirkan konsep desain, lalu butuh skill mendesain, dari situ sepatutnya menghargai sesuai dengan jasa yang sudah diberikan,” tuturnya.

Namun terlepas dari itu, Ayun tetap enjoy melakoni bisnisnya. Walaupun bisa dibilang banting setir dari guru jadi pengusaha, dia berusaha tetap konsisten. “Karena sudah dapat support dari orang tua dan teman dekat, dan mengingat susahnya membangun dari awal, jadi semangat perlu terus dipupuk,” ujarnya.

Ada beberapa tips untuk yang ingin terjun ke dunia desain. “Ya mungkin beberapa hal yang harus dilakukan yaitu mengumpulkan desain yang menginspirasi, pilih dan pelajari tools atau program desain, dan pelajari dengan benar dasar-dasar warna,” bebernya. (yan/c1/ady)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.