Semakin Dekat dengan Pembaca

Iis Sugiarti Awet Muda dengan Olahraga

Awet muda adalah impian bagi kaum hawa, tak terkecuali Iis Sugiarti. Di usia empat puluhan, dia ingin memiliki fisik layaknya remaja. Selama ini, olahraga menjadi jurus andalannya.

Sebenarnya, olahraga hanya menjadi kegiatan rutinnya selepas mengurus rumah tangga. Namun, kebiasaan ini ternyata membawa manfaat lain. Karena dinilai terampil, Iis lantas didapuk sebagai instruktur.

Iis tidak menolak kepercayaan tersebut. Sebaliknya, dia semakin bersemangat karena ada banyak manfaat yang dia peroleh. Tidak hanya sehat, tetapi juga membantu kaum perempuan lain untuk mewujudkan cita-cita sehat dan awet muda. “Selain dapat sehat, pasti dapat amplop juga,” ucapnya, sambil diiringi senyum.

Wanita ramah ini meyakini olahraga berpengaruh terhadap kondisi fisik. Minimal, tubuh menjadi lebih bugar dan energik sehingga terkesan lebih muda. Selain itu, olahraga juga bisa menjadi sarana untuk mengurangi risiko insomnia alias susah tidur dan memperbaiki nafsu makan. “Karena habis olahraga, tidur bisa nyenyak dan makan pun juga lebih lahap,” ujarnya

Dia mengatakan, olahraga baiknya dilakukan saat pagi atau sore hari. Olahraga pada malam hari juga bisa dilakukan, tetapi tidak begitu dianjurkan karena angin malam tidak cocok untuk aktivitas tersebut.

Menurutnya, olahraga joging adalah olahraga paling murah dan bisa dilakukan di mana pun. Tak hanya berperan dalam menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menstabilkan berat badan. “Kalau senam aerobik, selain sehat juga bisa menunda kepikunan, karena ada gerakan-gerakan cepat sehingga mengasah otak kanan kiri untuk berpikir,” jelasnya.

Di era sekarang, kata dia, tak sedikit remaja yang dijuluki remaja jompo. Sebab, kurangnya aktivitas atau terlalu banyaknya tugas sampai tidak sempat untuk berolahraga. Akibatnya, masalah otot kerap terjadi di kalangan remaja.

Selain olahraga, menurutnya, memperbanyak minum air putih juga menjadi alternatif untuk menjaga kondisi tubuh. Bahkan, air putih juga menjadi bagian penting ketika olahraga. “Jangan hanya olahraga, tapi imbangi juga dengan banyak minum air putih. Kalau bisa hindari begadang sampai malam dan jangan lupa senyum,” imbuhnya. (dia/c1/hai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.