Semakin Dekat dengan Pembaca

Jambore Inovator by APIN Munculkan Ide-Ide dan Inovasi untuk Kesejahteraan Bersama

Pemerintah punya peran penting menjadi perantara dalam penggunaan pengetahuan untuk analisis kebijakan, menghasilkan pengetahuan melalui kegiatan penelitian pengembangan pengkajian dan penerapan (litbangjirab), serta menyusun kebijakan yang mendukung produksi dan diseminasi pengetahuan. Yang tak kalah penting adalah berperan memastikan implementasi cetak biru pengetahuan dan inovasi, dengan mendorong kebijakan yang mendukung. Jambore Nasional Inovator sangat positif sekali, mempertemukan inovator se-kecamatan bahkan se-kabupaten dengan permasalahan yang timbul dan inovasi-inovasi. Maka muncul ide-ide dan inovasi di tingkat desa dan kecamatan se-Kabupaten Tulungagung, tentang permodalan yang juga sudah terpecahkan bahwa kades bersedia membiayai posyantek operasional. Ini sesuai regulasi pemerintah tentang penggunaan dana desa.

“Ini sangat inovatif dan sangat berguna. Semua permasalahan yang selama ini muncul bisa diselesaikan atau dipecahkan dalam kegiatan ini. Bisa memberikan solusi dengan adanya jambore ini,“ tegas Kabid Penataan dan Kerja Sama Desa DPMD Jatim Neny Herdianwati.

Kesimpulannya, dalam jambore tersebut para inovator menemukan jalan yang selama ini buntu.Tidak perlu bingung dalam hal pemasaran, karena hasil inovasinya bisa dimasukkan melalui d-catalog dan bisa diakses secara luas. Permasalahan modal juga sudah bisa terpecahkan dengan pemasaran produk, dan juga membuat proposal atau RAB sesuai dengan pemanfaatannya, serta bersinergi dengan BUMDesa. Disiapkan pula marketplace atau bisa menggunakan Eloknovi dari Bappeda, serta adanya sertifikat hak cipta untuk hasil inovasi kerja sama dengan desa kolaborasi, konsolidasi, dan koordinasi. (fid/c1/din/dfs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.