Semakin Dekat dengan Pembaca

Jaring 22 Pemain Anyar

Hasil Seleksi Tim Porprov Askot

KOTA BLITAR – Agenda seleksi tim porprov oleh Askot PSSI Blitar rampung digelar kemarin (22/1). Puluhan wajah anyar mengikuti sesi seleksi pamungkas di Stadion Soepriadi. Nantinya, proses seleksi masih akan dilangsungkan.

Pelatih tim Porprov Askot Blitar, Novan Eka Prasetya mengatakan, total ada sebanyak 36 peserta seleksi yang terdata di dalam sistem online pendaftaran. Jumlah pemain yang datang di hari pertama dan kedua seleksi sekitar 22 pemain. “Karena ada beberapa yang masih mengikuti kegiatan kuliah di luar kota,” jelasnya.

Itu bukan jumlah final. Sebab, Askot berniat untuk membawa total sekitar 25 pemain ke multievent terakbar Jatim tahun ini. Itu sesuai dengan kuota pemain dalam regulasi yang ditetapkan oleh KONI Provinsi Jatim. “Sesuai dengan arahan manajemen, kami diminta untuk memenuhi kuota yang ada,” jelasnya.

Pemain yang terjaring di seleksi tahun ini berusia sekitar 20-23 tahun. Itu berbeda dengan hasil penjaringan tim porprov tahun lalu. Sebagian besar pemain berusia sekitar 19-21 tahun. Maka, wajar jika skuad baru tahun ini didominasi wajah-wajah baru. “Sekitar 70 persen adalah pemain baru. Hanya ada sekitar 5-6 pemain dari skuad tahun lalu yang tahun ini kembali terjaring,” terangnya.

Salah satu wajah lama yang memperkuat tim Porprov Askot tahun ini adalah penggawa timnas Piala AFF U-16 2022, M. Rizky Afrizal. Seperti yang terlihat di Stadion Soepriadi kemarin, Rizal melakoni seluruh rangkaian seleksi bersama puluhan peserta lain.

Menurut Novan, adanya Rizal dalam skuad Porprov Askot tahun ini bisa menjadi suntikan moral bagi rekan setimnya. Itu tak lepas dari banyaknya pengalaman Rizal sebagai pemain timnas junior. Terlebih, di gelaran Piala AFF U-16 tahun lalu, pemain kelahiran Jombang ini berhasil mengantar timnas meraih gelar juara. “Itu pasti. Memang dengan adanya Rizal pasti membuat mental rekan setimnya terangkat. Dia juga kami minta untuk banyak berbagi ilmu kepada pemain lain di tim ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, kualifikasi porprov cabor sepak bola digelar Maret mendatang. Maka, tim pelatih punya waktu kurang dari dua bulan untuk mempersiapkan skuadnya. Untuk itu, Novan berencana meminta jajaran Askot untuk menyegerakan agenda latihan rutin. “Iya, saya akan minta agar mulai pekan depan sudah bisa dimulai latihan reguler,” ucapnya. (dit/c1/ady)

Leave A Reply

Your email address will not be published.