Semakin Dekat dengan Pembaca

Jaring Atlet Porprov, Pilih Seleksi Terbuka Dimulai Pekan Depan, Askot PSSI Incar Pemain Muda

KOTA BLITAR – Geliat persiapan jelang Porprov VIII Jatim pada cabor sepak bola mulai nampak. Askot PSSI Blitar bakal menggelar seleksi tim porprov di akhir pekan ini.

Seleksi terbuka dipilih agar penjaringan atlet dapat digelar secara merata. Artinya, Askot ingin menjaring atlet dari berbagai sekolah sepak bola (SSB) di wilayah Kota Patria. Adapun proses pendaftaran pemain dimulai pekan ini hingga 20 Januari mendatang. “Pendaftarannya dibuka secara daring. Sedangkan seleksinya bakal dilaksanakan di Stadion Soepriadi,” kata Ketua Askot PSSI Blitar, Yudi Meira, kepada koran ini kemarin (11/1).

Pria yang juga menjadi anggota Executive Committee (Exco) Asprov PSSI Jatim ini menambahkan, seleksi dibuka bagi pesepak bola kelahiran 2003-2006. Induk cabor berusaha mengincar atlet di usia 17-20 tahun. Itu menyesuaikan regulasi KONI Provinsi Jatim bahwa usia maksimal atlet yang turun di porprov yakni 20 tahun.

Hingga kemarin, ada sebanyak 15 pemain yang mendaftarkan diri. Jumlah itu diperkirakan bakal terus bertambah hingga pendaftaran ditutup. Pria berkacamata ini menilai, animo masyarakat Kota Blitar akan kompetisi sepak bola cenderung meningkat dalam beberapa waktu belakangan.

Adanya kebijakan dari federasi pusat untuk menyetop seluruh agenda kompetisi nasional disebut jadi salah satu penyebabnya. “Karena itu, masyarakat sudah lama menanti adanya kompetisi sepak bola,” akunya.

Kabarnya, Porprov VIII Jatim tahun ini digelar pada November mendatang, sementara kualifikasi porprov digelar pada Oktober. Target awal, Askot ingin wakilnya lolos dari fase kualifikasi. Begitu berhasil melenggang ke event utama porprov, target lebih prestisius dibebankan kepada tim. “Kami ingin lolos sampai empat besar (semifinal, Red). Kami rasa target itu masih realistis,” tegasnya.

Untuk diketahui, wakil Kota Blitar lolos hingga babak delapan besar di multievent terakbar tingkat Jatim tahun lalu. Itu membuat jajaran pengurus Askot memberi target lebih tinggi di event yang sama tahun ini. (dit/c1/sub)

Leave A Reply

Your email address will not be published.