Semakin Dekat dengan Pembaca

Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek Siap Dukung Inpres 1 Tahun 2022

TULUNGAGUNG – Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek nyatakan kesiapannya dukung Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN. Komitmen tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek, Joseph Wibisono saat melakukan sosialisasi dengan BPJS Kesehatan, Jum’at (08/04).

Dukungan tersebut ditunjukkan dengan dilakukannya kolaborasi dan sinergi mengenai aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengecekan keaktifan kepesertaan JKN-KIS milik pemohon yang melakukan pengurusan peralihan hak atas tanah .

“Dalam pelaksanaan nya sejauh ini belum ditemukan adanya kendala. Proses permohonan dari masyarakat tetap kami layani dengan baik. Kalau pun ada pemohon yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS atau sudah terdaftar tetapi status kepesertaannya non-aktif, maka akan kami persilahkan kepada pemohon untuk mengurus terlebih dahulu ke Kantor BPJS Kesehatan,” ujar Joseph.

Joseph berharap masyarakat dapat menerima dengan baik dan menjalankan proses pengajuan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek akan memberikan informasi dan layanan secara maksimal terkait dengan ditetapkannya persyaratan aktif Kartu JKN-KIS dalam pengurusan peralihan hak atas tanah.

Menanggapi tentang Inpres Nomor 1 Tahun 2022, Ketua IPPAT Kabupaten Trenggalek, Veronika Sri Rahayu Ningtias mengatakan terdapat pro dan kontra dalam pelaksanaan Inpres tersebut. Terdapat sebagian masyarakat yang menerima dengan baik adanya persyaratan yang telah ditetapkan, pun sebaliknya ada juga masyarakat yang masih merasa keberatan dengan diberlakukannya Inpres tersebut.

Sebagai koordinator Notaris di Kabupaten Trenggalek, Vero telah mengikuti rangkaian sosialisasi melalui zoom meeting dengan Dirjen terkait sehubungan dengan Inpres tersebut. Selain itu pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah diluar Kabupaten Trenggalek terkait bagaimana pelaksanaan Inpres di Kantor Pertanahan setempat.

“Dalam pelaksanaan Inpres ini saya memang harus edukasi ke pemohon bahwa ini adalah aturan pemerintah, jadi mau tidak mau ya kita harus tetap melaksanakan. Kalau tidak begitu proses jual beli tanah tidak bisa diproses atau terhambat. Terhambat dalam arti bukan karena dari Kantor Pertanahan nya atau dari pihak notaris nya, tetapi ya dari pemohon sendiri,” tegas Vero.

Lebih lanjut, Vero menjelaskan bahwa Instruksi Presiden tersebut harus dijalankan sesuai dengan prosedur yang tepat. Jika nantinya pada saat proses pengurusan peralihan hak atas tanah ada pemohon yang belum memiliki Kartu JKN-KIS atau kepesertaan nya non-aktif maka akan diberikan informasi terkait persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk pengurusan Kartu JKN-KIS. Menurutnya, sebagai warga negara yang baik seharusnya dapat mematuhi regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk juga melaksanakan kewajiban menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

“Kalau di saya ya saya kembalikan lagi ke klien, kalau yang non-aktif dan mau diaktifkan lagi ya saya tunjukkan syarat apa saja yang harus dipenuhi. Karena persyaratan sedemikian ini bukan dari saya sebagai jasanya tetapi ini adalah aturan pemerintah dan jelas disertai suratnya. Kita sebagai warga negara yang baik ya ikuti saja regulasi dari pemerintah. Saya sebagai Ketua IPPAT Kabupaten Trenggalek mendukung program pemerintah terkait dengan pelaksanaan Inpres ini, harapannya dapat berjalan dengan lancar dan diterima baik oleh masyarakat” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Lusie Wardani menyampaikan apresiasinya kepada Lembaga terkait khususnya kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Tulungagung dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah atas dukungan dan respon positif yang telah diberikan kepada BPJS Kesehatan. Lusie berharap dalam rangka pelaksanaan Inpres Nomor 1 Tahun 2022 ini dapat berjalan sesuai dengan susunan rencana kerja dan memberikan hasil yang optimal.

“Kami dari BPJS Kesehatan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kantor Pertanahan dan IPPAT Kabupaten Trenggalek atas dukungan yang telah diberikan. Harapan kami semoga nantinya kami dapat bersinergi untuk mendapatkan hasil yang optimal dari pelaksanaan Inpres tersebut,” pungkas Lusie. (rn/vv)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.