Tuesday, August 16, 2022
No Result
View All Result
Radar Tulungagung | Semakin Dekat dengan Pembaca
  • Home
  • Index Berita
  • Berita Daerah
    • Tulungagung
    • Blitar
    • Trenggalek
  • Up To Date
    • Peristiwa
    • Hukum dan Kriminal
  • Pendidikan
  • Politik
  • Sportainment
    • Sport
    • Life Style
  • Sosok
  • Litera
    • Opini
    • Literasi
  • Home
  • Index Berita
  • Berita Daerah
    • Tulungagung
    • Blitar
    • Trenggalek
  • Up To Date
    • Peristiwa
    • Hukum dan Kriminal
  • Pendidikan
  • Politik
  • Sportainment
    • Sport
    • Life Style
  • Sosok
  • Litera
    • Opini
    • Literasi
No Result
View All Result
Radar Tulungagung | Semakin Dekat dengan Pembaca
Home Opini
Karakter Gen Z Yang Cocok Sebagai Pebisnis

Dimas Handaru Bujana mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Karakter Gen Z Yang Cocok Sebagai Pebisnis

by Anggi Septian Andika Putra
16 Jul 2022
in Opini
0

Gen z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996 sampai 2010 yang saat ini berjumlah 74 juta jiwa di Indonesia. Biasanya juga disebut sebagai generasi internet karena lahir pada saat berkembangan teknologi digital dan tumbuh menikmati perkembangan tersebut. Generasi ini adalah generasi yang paling melek dan handal dalam teknologi serta berhati-hati terhadap dampak negatif teknologi.

Hampir 90% generasi Z bisa menggunakan teknologi dengan baik. Hal itu bisa mereka manfaatkan dalam segala di masa kini, salah satunya adalah berbisnis. Mereka juga memiliki karakter yang sangat cocok sebagai entrepreneur. Karakter Gen z yang cenderung suka kebebasan dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan membantu mereka menjadi seorang enterpreneur.

Mereka suka kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi dan kebebasan berkreasi. Mereka kurang suka diatur dan lebih suka mengeksplor hal-hal yang mereka senangi. Dalam bisnis online pun demikian, perlu adanya kreasi agar menarik perhatian pembeli. Rasa percaya diri dan postif yang tinggi akan membuat mental mereka sebagai calon enterpreneur.

Di dunia kerja yang saat ini masih didominasi oleh generasi-generasi sebelum Gen Z mungkin belum bisa menerima gaya anak Gen Z, yang lebih suka berpendapat, berekspresi, berkreasi serta tidak mau terkekang oleh aturan. Hal itulah yang mendorong mereka menjadi seorang entrepreneur daripada seorang karyawan yang tidak cocok dengan gaya atau karakter Gen Z.

Gen Z mempunyai ambisi besar untuk sukses. Mereka berani mengambil resiko dan menyukai tantangan. Berbeda dengan generasi sebelumya yang cenderung bermain aman dan pelan-pelan. Hal ini terbukti dengan banyak start-up yang ada di indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada 2.319 start-up baru yang didominasi oleh era Gen Z. Dengan berbisnis Gen Z lebih cepat meraih kesuksesan daripada generasi sebelumnya .

Gen Z akan lebih kritis dan detail dalam suatu masalah atau fenomena. Hal ini disebabkan karena mereka bisa mengakses informasi dengan mudah dan itu menjadi modal bagus untuk menjadi seorang entrepreneur. Karena untuk menganalisa kebutuhan pasar atau menyusun strategi.

Contonya adalah seorang ceo founder Gojek. Gojek bisa berdiri berkat foundernya berfikir kritis. Dia bisa tau apa yang dibutuhkan pasar pada saat itu, dia memandang masyarakat butuh yang cepat dan praktis. Lalu dia menyusun strategi untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Akrab dengan dunia teknologi dan informasi menjadi modal yang sangat berharga sebagai pebisnis. Sesuai namanya generasi Z atau generasi net lahir pada saat dunia digital mulai berkembang. Mereka sangat mahir dalam menggunakan media digital yang ada termasuk juga menggunakan teknologi dalam berbisnis. Dengan keahlian mencari informasi GenZ bisa melihat peluang bisnis yang mungkin dibutuhkan oleh pasar.

Seperti contohnya adanya aplikasi dompet digital. Itu adalah hasil mereka melihat peluang bisnis dengan cermat, berawal dari keresahan banyaknya berita tentang kehilangan dompet mereka membuat inovasi agar orang tidak perlu membawa dompet saat bertransaksi. Hal itu adalah awal dari munculnya internet banking, dan oleh karena itu kehadiran Gen Z secara otomatis mendorong munculnya layanan berbasis digital.

Generasi Z lebih jeli melihat peluang, hal ini tentu menjadi modal bagus sebagai pebisnis karena seorang pebisnis harus jeli melihat peluang. Mereka bisa memafaatkan segala sesuatu yang mereka anggap bisa menghasilkan. Biasanya mereka melihat peluang yang ada disekitar lingkungannya. Ada beberapa bisnis yang tercipta akibat hasil dari kejelian melihat peluang.

Seperti bisnis Thrifting (pakaian bekas), berawal dari melihat baju baju bekas brand terkenal yang ada di luar negeri dibuang begitu saja. Ada remaja Indonesia mempunyai ide untuk memanfaatknya. Baju bekas itu mereka impor lalu mereka sortir lalu mereka jual kembali. Marketnya pun juga berasal dari generasi muda/Gen Z yang lebih mementingkan brand karena gengsi.

Karakter Gen Z yang selalu ingin punya ciri khas. Di dunia bisnis saat ini dituntut untuk mempunyai ciri khas/karakter sendiri, Gen Z selalu ingin beda dari yang lain agar bisa menciptakan jalannya sendiri, sehingga menciptakan peluang sukses sendiri. Karena jika kita tidak mempunyai ciri khas berarti kita memiliki saingan bisnis yang dapat menghambat kesuksesan bisnis kita.

Dan juga ketika kita memiliki ciri khas maka kita akan mudah diingat oleh orang. Itulah mengapa memiliki ciri khas sangat penting dalam berbisnis.

Gen Z selalu memiliki waktu yang lebih banyak dibandingkan generasi lain. Mengapa demikian? Karena gaya kebebasan berpendapat, kebebasan berekspresi dan berkreasi kurang bisa diterima di dunia kerja generasi sebelumnya. Sehingga mendorong Gen Z membuat pekerjaannya sendiri. Gen Z cenderung lebih flexsibel karena tidak terikat dengan waktu. Berbeda dengan generasi yang bekerja di kantor dan memiliki sistem waktu yang mengikat.

Karater Gen Z selalu inovatif dan update dengan segala hal. Gen Z selalu memikirkan imajinasi sangat penting untuk menciptakan produk baru baik bagi dirinya atau untuk lingkunganya. Pantang bagi generasi Z untuk ketinggalan informasi karena di dunia informasi digital sekarang sangat cepat perubahannya. Orang sangat mudah memperbaharui segala informasi melalui media digital dengan sangat cepat.

Akan tetapi karakter generasi Z atau generasi net tidak selalu bagus. Ada juga karakter karakter yang kurang baik untuk dimiliki oleh generasi Z. Karena mereka lahir di era perkembangan digital atau teknologi yang justru bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis bagi generasi milenal atau lainnya.

Instan adalah karakter kurang baik yang biasanya dimiliki oleh Gen Z. mereka terbiasa dengan hal yang cepat dan praktis. Dengan dimanjakan oleh teknologi membuat mereka kurang sabar dengan proses. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi generasi lain selain generasi Z. GoFood adalah salah satu contoh dari peluang usaha tersebut, Go Food hadir sebaga solusi bagi Gen Z yang selalu ingin instan. Mereka menyediakan layanan pesan makanan tanpa harus datang ke restoran. dan hal itu dapat menyingkat waktu.

Kemudahan teknologi membuat Gen Z menjadi seorang yang individualis. Karena kemudahan teknologi Gen Z kurang berinteraksi secara langsung sehingga menjadi menjadi orang yang anti sosial. Gen Z lebih suka berinteraksi secara daring melalui media sosial seperti IG, Facebook, Twiter dan lain lain.

Media sosial memang memudahkan secara komunikasi karena mudah aksesnya serta tidak terikat oleh waktu dan tempat, namun media sosial juga menyebakan hal yang dekat menjadi jauh. Seperti saat nongkrong mereka justru asik main gadget masing-masing. Padahal yang dibutuhkan saat nongkrong adalah interaksi secara langsung.

Dalam hal ini seharusnya Gen Z tetap mengimbangi antara berinteraksi secara langsung dan secara daring. Karakter yang dimiliki Gen Z memang sangat medukung untuk menjadi seorang enterpreneur. Namun, kembali kepada kemauan Gen Z itu sendiri untuk mau memanfaatkanya atau tidak.

Reference list:

start up yang ada di indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada 2.319 start up baru yang didominasi oleh era gen Z

Gen z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996 sampai 2010 yang saat ini berjumlah 74 juta jiwa di Indonesia

Karateristik generasi z

 

 

 

 

 

Tags: kabupaten tulungagungkota tulungagungperistiwa tulungagungradar mataramanradar tulungagungtulungagungtulungagung hari initulungagung update
ShareTweetSendShareShare
Previous Post

G20 Dalam Perekonomian Indonesia: Partisipasi Perempuan Dalam Ketahanan Perekonomian Berkelanjutan

Next Post

Korem 081/DSJ Geber Baksos Adventure Trail Di Trenggalek

Related Posts

Belajar Sambil Bermain

Belajar Sambil Bermain

by Anggi Septian Andika Putra
20 Jul 2022
0
17

Di Indonesia, pendidikan adalah salah satu faktor terpenting untuk peningkatan...

G20 Dalam Perekonomian Indonesia: Partisipasi Perempuan Dalam Ketahanan Perekonomian Berkelanjutan

G20 Dalam Perekonomian Indonesia: Partisipasi Perempuan Dalam Ketahanan Perekonomian Berkelanjutan

by Anggi Septian Andika Putra
15 Jul 2022
0
38

OLEH: Gusti Chairunnisa Adinda Syahputri, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang Program...

Klaim Sepihak Laut Cina Selatan, Bagaimana Tanggapan ASEAN sebagai Organisasi Regional ?

Klaim Sepihak Laut Cina Selatan, Bagaimana Tanggapan ASEAN sebagai Organisasi Regional ?

by Anggi Septian Andika Putra
15 Jul 2022
0
40

Bukan hal yang tabu lagi apabila Laut Cina Selatan menjadi...

Load More
Next Post
Korem 081/DSJ Geber Baksos Adventure Trail Di Trenggalek

Korem 081/DSJ Geber Baksos Adventure Trail Di Trenggalek

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended

Era Industri 4.0, Indonesia Butuh Generasi Muda yang Kreatif, Adaptif, dan Inovatif

Era Industri 4.0, Indonesia Butuh Generasi Muda yang Kreatif, Adaptif, dan Inovatif

9 months ago
191
Setelah Sekian Lama, Dewan Blitar Sepakat Ada Pansus PT Greenfields

1 Positif Covid-19, Ratusan Peserta CPNS Blitar Gugur

10 months ago
56

Popular News

    Facebook Instagram Twitter Youtube

    Radar Tulungagung

    Jawa Pos Radar Tulungagung adalah media yang memiliki 4 wilayah edar yaitu Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar dan Trenggalek.

    Category

    Currently Playing

    © 2022 PT Tulungagung Intermedia Digital

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Index Berita
    • Berita Daerah
      • Tulungagung
      • Blitar
      • Trenggalek
    • Up To Date
      • Peristiwa
      • Hukum dan Kriminal
    • Pendidikan
    • Politik
    • Sportainment
      • Sport
      • Life Style
    • Sosok
    • Litera
      • Opini
      • Literasi

    © 2022 PT Tulungagung Intermedia Digital