Semakin Dekat dengan Pembaca

Kasus Manipulasi Foto Wabup Masuk Gelar Perkara Bulan Ini

KOTA, Radar Tulungagung – Masih ingat kasus manipulasi foto Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung di salah satu media cetak lokal pada Agustus 2022? Kasus yang menyeret Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Tulungagung, Nyadin itu, Januari ini dilakukan gelar perkara.

Kasatreskrim Polres Tulungagung AKP Agung Kurnia Putra mengatakan bila saat ini penyidik Satreskrim telah memeriksa 15 saksi dalam kasus tersebut. Pihaknya memastikan laporan Hery Widodo, warga Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung terhadap Ketua Dekopinda Tulungagung masih diproses sampai saat ini. “Kami memeriksa lima orang saksi dari Dekopinda, Heri Widodo, hingga media terkait yang menayangkan pemberitaan foto manipulasi tersebut. Bahkan juga ada saksi ahli yang dilakukan pemeriksaan, untuk menelusuri foto yang di media yang terkait,” kata Agung.

Menurut Agung, hingga saat ini pihaknya masih meminta keterangan beberapa saksi ahli seperti ahli pidana, ahli dari Kominfo, ahli bahasa sampai ahli perlindungan konsumen untuk pendalaman kasus. Namun pemeriksaan kasus tersebut sempat ditunda, lantaran ada operasi Natal dan tahun baru (nataru), sehingga Januari ini dilakukan gelar perkara.

Dari gelar perkara tersebut, nantinya dapat diketahui kasus yang dilaporkan Hery Widodo ini layak dinaikan ke tingkat penyidikan atau tidak. Bila memenuhi syarat penyidikan, Satreskrim langsung melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Agar nantinya penyelesaian dari kasus ini bisa diselesaikan lebih cepat. “Kami akan menginfokan lebih lanjut nanti bila ada perkembangan kasus ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada Agustus 2022 lalu, Hery Widodo melaporkan Nyadin ke Polres Tulungagung, karena diduga mengubah foto Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo menjadi foto Bupati Maryoto Birowo pada berita advertorial di salah satu perusahaan pers di Tulungagung.

Hery menyayangkan adanya perubahan foto itu, lantaran dia sebagai pelanggan salah satu media tersebut di Tulungagung merasa dirugikan dengan informasi palsu itu. Bahkan dia juga mengetahui saat itu Wabup Gatut menerima penghargaan dari Dekopinda Pusat mewakili Bupati Maryoto, namun justru yang termuat di pemberitaan menggunakan foto Bupati Maryoto.(mg2/rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.