KARANGAN, Radar Trenggalek – Andik Purwanto dan Seffino Ardiando Aguilera (anaknya, Red) sukses berjualan ikan mas koki melalui sosial media (sosmed) Facebook. Bukan main, kekompakan ayah dan anak itu berbuah manis ketika mereka bisa meraup omzet sampai Rp 4-5 juta kurun waktu sepekan.
Kekompakan Purwanto dan Seffino Ardiando Aguilera tak sebatas dalam usaha pemasaran. Di balik itu, mereka ternyata juga kompak dalam hal budidaya ikan hias mas koki. Purwanto sebagai seorang ayah punya ide membangun usaha ikan hias itu pasca kemunculan pandemi pada tahun lalu.
Purwanto merasa disayangkan ketika penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) dialihkan dengan pembelajaran via dalam jaringan (daring). Pasalnya, dampak dari kebijakan itu membuat anaknya lebih sering menggunakan smartphone. Dan, tak sedikit waktu untuk membuang-buang waktu untuk bermain gadget tersebut.
Sebagai orang tua, melihat potensi anak yang fasih di dunia maya itu lantas mengajak Seffino untuk membangun bisnis ikan hias melalui pemasaran di sosmed karena Purwanto mencium peluang usaha dari bisnis tersebut.
Warga Desa/Kecamatan Karangan, itu punya banyak pengalaman di bidang ikan budidaya. Jauh sebelum mengembangkan bisnis ikan hias, Purwanto sudah berkecimpung dalam usaha budi daya ikan konsumsi (lele, Red).
Melalui pengalaman itu, pihaknya pun punya banyak pengetahuan tentang cara membudidayakan ikan hias yang memiliki ciri khas berbadan gemuk dan lucu itu.