Semakin Dekat dengan Pembaca

Kirana Manggali Juara II Duta Genre 2021, Percaya Diri untuk Kuasai Public Speaking

KABUPATEN BLITAR – Aktif berorganisasi menjadi aktivitas lain Kirana Manggali sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Gadis asal Desa Sumberdiren, Kecamatan Garum, ini memiliki impian untuk menjadi pembicara yang andal di depan publik.

Sedari SMP, ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti Kirana. Mulai dari fashion, tari, dan paduan suara. Untuk itu, bukan hal aneh jika dia sering terlibat pada beberapa acara, baik di sekolah maupun mengikuti ajang kompetisi.

“Saya selalu mengikuti apa yang saya sukai. Tapi karena tidak fokus pada satu bidang, jadi tidak ada kemampuan yang terlihat menonjol,” ujar perempuan ramah ini.

Menyadari ada yang kurang, Kirana pun mulai fokus pada satu kegiatan yang paling dia gemari. Yakni, public speaking. Dia mengasah public speaking dengan mengikuti kursus. Dari kegiatan itu, Kirana mengetahui beberapa kelemahan yang harus diperbaiki.

Pada dasarnya, anak sulung dari dua bersaudara ini memiliki potensi pada public speaking. Namun, kelemahannya adalah kurangnya rasa percaya diri. “Paham teori dan teknik public speaking itu harus. Tapi kalau tidak percaya diri itu sama dengan bohong,” jelasnya.

Awalnya, dia tidak pernah berani berbicara di depan umum. Bahkan, dia juga tidak berani menjadi pemandu acara besar seperti dies natalis sekolah, peringatan hari besar, dan lainnya.

Namun, setelah beberapa pekan mengikuti kursus, Kirana mulai berani mencoba menjadi pemandu acara. Bahkan, saat duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), dia sudah berani menerima tawaran sebagai master of ceremony (MC) di acara sekolahnya. “Saya memang ingin punya prestasi nonakademik. Jadi, saya selalu berusaha mengembangkan potensi yang saya miliki,” jelasnya.

Ilmu public speaking yang dimilikinya diimplementasikan dalam ajang pemilihan Duta Genre 2021. Baginya, selain ilmu pengetahuan, ternyata kemampuan public speaking memengaruhi penampilannya saat menjawab pertanyaan juri. Hingga saat itu, dia berhasil meraih juara II Duta Genre 2021.

Menurutnya, public speaking memiliki beberapa tantangan. Di antaranya, intonasi dan tempo nada. Tak hanya itu, pengalaman berpengaruh besar terhadap kelancaran dalam saat manggung. “Semakin banyak jam terbang, maka public speaking semakin lancar,” tandasnya. (mg1/c1/hai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.