Semakin Dekat dengan Pembaca

Kolaborasi Pelajari Sejarah Turangga Yaksa ikon Seni Trenggalek

TRENGGALEK – Mempelajari sejarah sebuah tradisi memang bisa dilakukan melalui banyak hal. Tak terkecuali mempelajari asal usul tari Turangga Yaksa yang selama ini menjadi ikon seni budaya Trenggalek. Bahkan, itu bisa ditampilkan secara kolaboratif antar-disiplin seni. Yakni, wayang kulit, tarian, puisi, musik keroncong, dan lain sebagainya di Community Week II Rumaket Greget, pada Sabtu (26/11) malam di halaman Pasar Pon.

Koordinator Trenggalek Creative Network Berdit Zanzabela mengatakan, pihaknya memang ingin menggabungkan banyak hal dalam satu pementasan. Dari saran rekan-rekan seniman, akhirnya didapat sebuah konsep yang mengusung Turangga Yaksa. Namun, sebelumnya juga ada berbagai kegiatan yang menunjukkan perkembangan ekonomi kreatif. “Hingga akhirnya yang terwujud di atas panggung itu. Karya yang luar biasa dari teman-teman seniman di Trenggalek,” katanya.

Menurut dia, pihaknya berusaha mewadahi seluruh pelaku ekonomi kreatif. Karena itu diharapkan bisa semakin bersinergi untuk membangun jaringan.

Hal senada dilontarkan penata pentas, Trias Kurniawan. Menurut dia, proses latihan tidak berlangsung lama. Bahkan bisa dikatakan, dua hari sebelum pentas, dia dan rekan-rekan seniman bergabung untuk membentuk chemistry. Meski demikian, hasilnya tidak mengecewakan karena semua bisa menampilkan yang terbaik di atas panggung. “Saya yakin semua bisa karena kawan seniman di sini kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Buktinya hanya sekali latihan, gladi kotor, dan gladi bersih bisa menampilkan seperti ini,” terangnya.

Pria asal Kauman, Tulungagung, ini berharap untuk tahun-tahun selanjutnya bisa digarap lebih maksimal. Apalagi, banyak hal yang masih harus dibenahi agar hasil yang disuguhkan ke khalayak luas itu semakin enak dinikmati. “Pementasan ini baru kali pertama dilakukan dan cukup bagus. Semoga ke depan bakal ada lagi dengan lebih maksimal penggarapannya,” tandasnya.(rka/c1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.